Parepos https://parepos.co.id www.parepos.co.id Sat, 28 Mar 2020 14:04:07 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.3.2 169144081 Berdomisili di Maros, Kaotban Makassar Positif Covid-19 https://parepos.co.id/2020/03/berdomisili-di-maros-kaotban-makassar-positif-covid-19/ Sat, 28 Mar 2020 14:04:07 +0000 https://parepos.co.id/?p=238162 PAREPOS.CO.ID, MAROS – Salah satu warga yang berdomisili di Kompleks Perumahan Otoritas Bandara V, Desa Baji Mangai, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros terkonfirmasi Positif Covid-19. Hal itu diungkapkan langsung Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Maros, dr. Syarif. “Info terakhir dari Provinsi pasien terkonfirmasi positif, laki-laki berusia 55 tahun, yang beralamat di Perumahan Otoritas […]

The post Berdomisili di Maros, Kaotban Makassar Positif Covid-19 appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, MAROS – Salah satu warga yang berdomisili di Kompleks Perumahan Otoritas Bandara V, Desa Baji Mangai, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros terkonfirmasi Positif Covid-19.

Hal itu diungkapkan langsung Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Maros, dr. Syarif. “Info terakhir dari Provinsi pasien terkonfirmasi positif, laki-laki berusia 55 tahun, yang beralamat di Perumahan Otoritas Bandara Maros,” ujarnya ke PAREPOS.CO.ID, Sabtu 28 Maret 2020.

Warga domisili Maros yang dimaksud itu merupakan Kepala Kantor Otoritas Bandara  (Kaotban) Wilayah V Makassar, Sulawesi Selatan, Baitul Ikhwan. “Iya betul, hasil pemeriksaan swab Kamis, kemarin. Itu semua ada beberapa pejabat yang diperiksa. Kaotban yang positif,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Otoritas Bandara wilayah V Makassar Kol Sarmanto saat dimintai keterangan awak media.

Sarmato melanjutkan, berdasarkan hasil swab itu, Kaotban kini menjalani perawatan dan isolasi di RS Tajuddin, Makassar. Namun, disebutkan, kondisi Baitul Ikhwan tidak menunjukkan gejala seperti pasien positif korona pada umumnya.

“Sementara ini, Kaotban diisolasi Rumah Sakit Tajuddin, Makassar. Kondisinya stabil seperti biasa, tidak ada gejala berat dan masih komunikasi dengan kita,” lanjutnya.

Untuk update sementara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan melalui Website covid19.sulselprov.go.id, Kabupaten Maros, memiliki jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 10 Orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 Orang dan Positf Covid-19 sebanyak 2 Orang.(tip)

The post Berdomisili di Maros, Kaotban Makassar Positif Covid-19 appeared first on Parepos.

]]>
238162
Dua Warga Soppeng Dirujuk ke Makassar, Suriasni: Status Belum Jelas https://parepos.co.id/2020/03/dua-warga-soppeng-dirujuk-ke-makassar-suriasni-status-belum-jelas/ Sat, 28 Mar 2020 12:48:17 +0000 https://parepos.co.id/?p=238158 PAREPOS.CO.ID, SOPPENG – Tim gugus Covid-19 Kabupaten Soppeng belum merilis dua status pasien asal daerah tersebut yang di rujuk ke RS rujukan di Kota Makassar. Saat ditanyai, Juru Bicara (Jubir) Penanggulangan Covid-19 Soppeng, Suriasni mengatakan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium Makassar. “Kejelasan data belum ada,” singkatnya, Sabtu 28 Maret 2020. Dari hasil konfirmasi tersebut, […]

The post Dua Warga Soppeng Dirujuk ke Makassar, Suriasni: Status Belum Jelas appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, SOPPENG – Tim gugus Covid-19 Kabupaten Soppeng belum merilis dua status pasien asal daerah tersebut yang di rujuk ke RS rujukan di Kota Makassar. Saat ditanyai, Juru Bicara (Jubir) Penanggulangan Covid-19 Soppeng, Suriasni mengatakan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium Makassar. “Kejelasan data belum ada,” singkatnya, Sabtu 28 Maret 2020.

Dari hasil konfirmasi tersebut, kata Suriasni, langkah yang dilakukan adalah melakukan penyelidikan epidemiologi di rumah kedua pasien. ” Mengenai data yang lain tunggu hasil pemeriksaan laboratorium baru diberikan secara lengkap,” singkatnya melalui pesan WhatsApp.

Seperti diketahui, Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Soppeng tengah menangani 4 warga berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP). Sebelumnya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meminta Bupati dan Wali Kota di Sulsel segera menyiapkan akses informasi akurat bagi seluruh masyarakat.

Menurutnya, akses informasi saat ini sangat dibutuhkan bagi seluruh masyarakat, mulai dari perkotaan sampai di pelosok desa. “Saya juga minta para bupati wali kota untuk menyiapkan akses informasi, seperti website atau bantuan seperti ambulans. Akses informasi saat ini sangat penting sekali, karena jika kita bersikap transparan kita bisa menghadirkan kepercayaan masyarakat. Sehingga masyarakat akan patuh dan mengikuti setiap arahan yang kita berikan,” jelasnya. (ima)

The post Dua Warga Soppeng Dirujuk ke Makassar, Suriasni: Status Belum Jelas appeared first on Parepos.

]]>
238158
Semprot Disinfektan di Rumah Warga, Ini Pesan Ketua DPRD Parepare https://parepos.co.id/2020/03/semprot-disinfektan-di-rumah-warga-ini-pesan-ketua-dprd-parepare/ Sat, 28 Mar 2020 11:24:33 +0000 https://parepos.co.id/?p=238155 PAREPOS.CO.ID, PAREPARE— Ketua DPRD Parepare, Andi Nurhatina Tipu membuat gerakan mencegah penyebaran virus korona dengan menyemprot rumah-rumah penduduk menggunakan cairan disinfektan. Inisiatif pribadi tersebut dilakukan untuk menjawab kebutuhan warga di tengah wabah Covid-19, saat ini. Setidaknya ada ratusan rumah penduduk yang disterilisasi di empat RT di RW 2, Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Sabtu, […]

The post Semprot Disinfektan di Rumah Warga, Ini Pesan Ketua DPRD Parepare appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, PAREPARE— Ketua DPRD Parepare, Andi Nurhatina Tipu membuat gerakan mencegah penyebaran virus korona dengan menyemprot rumah-rumah penduduk menggunakan cairan disinfektan.

Inisiatif pribadi tersebut dilakukan untuk menjawab kebutuhan warga di tengah wabah Covid-19, saat ini. Setidaknya ada ratusan rumah penduduk yang disterilisasi di empat RT di RW 2, Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Sabtu, 28 Maret 2020.

Selain penyemprotan disinfektan, aksi sosial yang dilakukan politisi perempuan asal Golkar ini juga melakukan termo scand atau pemeriksaan suhu tubuh terhadap warga.

“Kita sudah berkoordinasi dengan ketua RW setempat, pemerintah kecamatan, kelurahan dan Puskesmas Lumpue untuk memberikan edukasi ke masyarakat agar berdiam diri di rumah saja dan melakukan social distancing yang dapat memutus rantai penyebaran virus Korona, ” katanya.

Saat turun menyemprot rumah-rumah penduduk, juga ada sosialisasi berupa imbauan agar masyarakat tetap di rumah saja, cuci tangan menggunakan sabun, menjaga kesehatan lingkungan, beristirahat secukupnya, mengatur jarak sosial sebagai upaya mencegah penyebaran virus tersebut. “Kita tidak hanya menyemprot disinfektan, tapi juga mengedukasi warga agar tetap mematuhi imbauan pemerintah, terutama berada di rumah saja, ” jelasnya

Puang Tina sapaan akrab Andi Nurhatina yang berjalan kaki menyasar rumah-rumah wrga mengungkapkan penyemprotan disinfketan adalah inisiatif pribadinya sebagai wakil rakyat. “Ini adalah inisiatif pribadi saya sebagai wakil rakyat. Ketika ada masalah seperti ini, sudah menjadi kewajiban kami sebagai wakil mereka di gedung parlemen, untuk turun ke tengah-tengah masyarakat memberikan solusi,” kata Puang Tina. (has)

The post Semprot Disinfektan di Rumah Warga, Ini Pesan Ketua DPRD Parepare appeared first on Parepos.

]]>
238155
Harian PARE POS Edisi 28 Maret 2020 https://parepos.co.id/2020/03/harian-pare-pos-edisi-28-maret-2020/ Sat, 28 Mar 2020 10:38:15 +0000 https://parepos.co.id/?p=238152 The post Harian PARE POS Edisi 28 Maret 2020 appeared first on Parepos.

]]>

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to dFlip 3D Flipbook Wordpress Help documentation.

The post Harian PARE POS Edisi 28 Maret 2020 appeared first on Parepos.

]]>
238152
Terapkan Discreening, Kantor Dishub Jadi Posko Karatina Warga Majene https://parepos.co.id/2020/03/terapkan-discreening-kantor-dishub-jadi-posko-karatina-warga-majene/ Sat, 28 Mar 2020 09:26:22 +0000 https://parepos.co.id/?p=238146 PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Tim Gugus Tugas Covid 19 membentuk Posko Karatina sementara yang ditempatkan di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Majene, di Lingkungan Lutang Banggae Timur atau jalan poros Majene-Polman. Posko tersebut dibentuk Sabtu, 28 Maret 2020. Posko tersebut diperuntukan bagi warga Majene yang sedang dalam perjalanan dari luar Sulawesi Barat. Mekanismenya, petugas yang terdiri dari […]

The post Terapkan Discreening, Kantor Dishub Jadi Posko Karatina Warga Majene appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Tim Gugus Tugas Covid 19 membentuk Posko Karatina sementara yang ditempatkan di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Majene, di Lingkungan Lutang Banggae Timur atau jalan poros Majene-Polman. Posko tersebut dibentuk Sabtu, 28 Maret 2020.

Posko tersebut diperuntukan bagi warga Majene yang sedang dalam perjalanan dari luar Sulawesi Barat. Mekanismenya, petugas yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polres Majene dan TNI akan menghentikan kendaraan umum sebelum masuk ke wilayah Kota Majene. Petugas akan menanyakan dan memeriksa warga Majene dari luar daerah yang baru akan masuk ke dalam kota.

Wakil Bupati Majene, Lukman menjelaskan sebelum masuk, terlebih dahulu harus diperiksa, apalagi kalau mengalami sakit harus melalui prosedur dan dikarantina.

” Kita sudah siapkan disini, ada tempat peristirahatan dan karantina sementara. Karena itu untuk sementara kantor ini kita gunakan dulu, staf Dishub kita arahkan bekerja di rumah” ucapnya.

Bupati Majene, Fahmi Massiara yang meninjau langsung kesiapan posko karantina sementara tersebut mengatakan, posko akan berfungsi ganda sebagai tempat istrirahat warga Majene dan pengecekan kesehatan. Hal tersebut harus dilakukan sebagai upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona di Majene.

“Artinya jangan sampai ada warga Majene kembali ke daerah dalam keadaan sakit dan itu bepotensi untuk di curigai, ini demi menjaga masyarakat Majene secara umum” terangnya.

Posko karantina tersebut dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti alat pemeriksaan kesehatan dan isolasi, juga ada dapur umum yang disediakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Majene.

Rencananya pemeriksaan warga Majene diperbatasan tim akan dimulai pukul 06.00 – 22.00 Wita. Setelah itu arus transportasi akan ditutup total kecuali bagi kendaraan logistik yang menyuplai sejumlah kebutuhan pokok, termasuk pengangkut BBM. (edy)

The post Terapkan Discreening, Kantor Dishub Jadi Posko Karatina Warga Majene appeared first on Parepos.

]]>
238146
Kasus Covid-19 Pertama di Maros, Camat Turikale Imbau Warga di Rumah Saja https://parepos.co.id/2020/03/kasus-covid-19-pertama-di-maros-camat-turikale-imbau-warga-di-rumah-saja/ Sat, 28 Mar 2020 08:59:30 +0000 https://parepos.co.id/?p=238142 PAREPOS.CO.ID, MAROS – Pemerintah Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros tidak hentinya mengimbau kepada masyarakatnya untuk mengikuti arahan pemerintah dalam memutuskan matarantai penyebaran virus korona atau Covid-19 yang sudah masuk di Kabupaten Maros. Pelbagai cara sudah dilakukan pihak Kecamatan Turikale dalam ikut menangani penyebaran virus korona mulai dari ratusan digital post yang disebarkan melalui media sosial hingga […]

The post Kasus Covid-19 Pertama di Maros, Camat Turikale Imbau Warga di Rumah Saja appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, MAROS – Pemerintah Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros tidak hentinya mengimbau kepada masyarakatnya untuk mengikuti arahan pemerintah dalam memutuskan matarantai penyebaran virus korona atau Covid-19 yang sudah masuk di Kabupaten Maros.

Pelbagai cara sudah dilakukan pihak Kecamatan Turikale dalam ikut menangani penyebaran virus korona mulai dari ratusan digital post yang disebarkan melalui media sosial hingga turun langsung ke lapangan bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kecamatan Turikale diantaranya Koramil 1422-01 dan Kepolisian Sektor Turikale bersmaa Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Turikale.

Camat Turikale, Andi Zulkifli R.A, meminta dengan sangat kepada seluruh warganya untuk memerhatikan sejumlah imbauan pemerintah dalam penaganan penyebaran korona.

“Kita sudah mendengarkan kabar secara bersama dimana, Kabupaten Maros sudah terdapat satu warga yang dinyatakan positif terpapar korona, kita pastinya tidak mau jika hal itu juga terjadi kepada warga Turikale, maka dari itu, ayo kita secara bersama untuk tetap sementara waktu berada di rumah saja untuk memutuskan matarantai penyeberan virus ini,” ungkapnya, Sabtu 28 Maret 2020.

Tidak hanya itu saja, mantan Camat Maros Baru itu juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas darurat pencegahan penularan korona yang ditempatkan di sejumlah area publik dimana bantuan tersebut bersumber dari swadaya sendiri, bantuan Anggota DPRD Sulsel, A. M. Irfan AB dan DPRD Maros, Chaidir Syam.

“Bukan hanya sosialisasi pencegahan, alhamdulillah kita juga sedah menempatkan fasilitas darurat pencegahan penyebaran korona seperti Tempat Cuci Tangan, Hand Sanitizer di sejumlah area publik Pasar dan pusat perkantoran yang disiapkan kepada warga yang keluar rumah untuk kepentingan mendesak,” jelas Andi Riris, sapaan akrab Andi Zulkifli.

Andi Riris melanjutkan, jika pihaknyapun juga telah berkoordinasi dengan PKM Turikale terkait laporan masyarakat yang mengalami gejala awal korona sambil terus mendeteksi seluruh warganya yang telah bepergian ke wilayah yang sudah terpapar korona terlebih dahulu.

“Semua Lurah saya sudah sampaikan unutuk mendeteksi seluruh warganya yang baru datang dari luar negeri, tekhusus area Epidemi, termasuk yang telah menjalani ibadah umrah terhitung sejak 15 Maret lalu, dan langsung berkonsultasi kepada pihak kesehatan dan melakukan phyisical distancing,” ungkapnya.

“Warga juga kita imbau untuk tidak panik dan tidak juga menganggap remeh wabah ini, sudah banyak informasi yang sudah sepatutnya kita laksanakan untuk tetap menerapkan pola hidup sehat di lingkungan keluarga,” tambahnya.(tip)

The post Kasus Covid-19 Pertama di Maros, Camat Turikale Imbau Warga di Rumah Saja appeared first on Parepos.

]]>
238142
Putus Mata Rantai Korona, Kaharuddin Kadir Lakukan Ini https://parepos.co.id/2020/03/putus-mata-rantai-korona-kaharuddin-kadir-lakukan-ini/ Sat, 28 Mar 2020 08:53:13 +0000 https://parepos.co.id/?p=238139 PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Anggota DPRD Parepare, Kaharuddin Kadir melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan bagi-bagi masker di Kelurahan Bukit Indah, Sabtu 28 Maret 2020. Kahar menyambangi dan memberi warga masker. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. “Kami bersinergi dengan BPBD Parepare untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” kata Kahar. Rencananya, dirinya akan kembali melakukan penyemprotan disinfektan. […]

The post Putus Mata Rantai Korona, Kaharuddin Kadir Lakukan Ini appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Anggota DPRD Parepare, Kaharuddin Kadir melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan bagi-bagi masker di Kelurahan Bukit Indah, Sabtu 28 Maret 2020.

Kahar menyambangi dan memberi warga masker. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. “Kami bersinergi dengan BPBD Parepare untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” kata Kahar.

Rencananya, dirinya akan kembali melakukan penyemprotan disinfektan. Bahan bakunya diracik sendiri. “Kalau bahan bakunya ada, saya dan tim akan kembali turun melakukan penyemprotan,” katanya.

Ketua Komisi I DPRD Parepare itu juga menyampaikan edukasi ke warga untuk melindungi diri dari wabah Covid-19. Dia meminta warga untuk mengurangi beraktivitas di luar rumah. “Kami minta warga untuk tetap waspada dan jangan panik. Terapkan ‘Social Distancing’,” pungkasnya.(ami)

The post Putus Mata Rantai Korona, Kaharuddin Kadir Lakukan Ini appeared first on Parepos.

]]>
238139
Chaidir Syam Pantau dan Berikan Baantuan Warga Tenrigangkae https://parepos.co.id/2020/03/chaidir-syam-pantau-dan-berikan-baantuan-warga-tenrigangkae/ Sat, 28 Mar 2020 08:49:00 +0000 https://parepos.co.id/?p=238136 PAREPOS.CO.ID, MAROS – Mendengar kabar salah satu warga yang berada di Desa Tenrigangkae, Kecamatan Mandai Kabupaten Maros positif virus korona atau Covid-19, membuat Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros, Chaidir Syam langsung tanggap ke lokasi warga tersebut tinggal. Hal itu tidak lain untuk memberikan bantuan pencegahan penularan wabah virus kepada warga yang […]

The post Chaidir Syam Pantau dan Berikan Baantuan Warga Tenrigangkae appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, MAROS – Mendengar kabar salah satu warga yang berada di Desa Tenrigangkae, Kecamatan Mandai Kabupaten Maros positif virus korona atau Covid-19, membuat Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros, Chaidir Syam langsung tanggap ke lokasi warga tersebut tinggal.

Hal itu tidak lain untuk memberikan bantuan pencegahan penularan wabah virus kepada warga yang berada di Desa Tenrigangkae seperti Hand Sanitizer dan Masker.

“Mendengar informasi bahwa ada warga kita yang positif Covid-19 tadi siang, saya langsung menyiapkan langkah awal pencegahan dini penyebaran Virus Corona dengan berkomunikasi ke kepala desanya untuk langsung melakukan pendistribusian Hand Sanitizer dan Masker,” ujarnya saat ditemui Sabtu 28 Maret, dini hari tadi.

Setibanya di lokasi, Chaidir Syam langsung melakukan kordinasi dengan Kepala Desa Tenrigangkae, Wahyu Febry, agar segera menindaklanjuti keputusan pemerintah untuk membatasi sementara waktu akses keluar masuk warganya agar virus cofid-19 tidak sampai menyebar ke lokasi lainnya.

“Dalam kondisi seperti ini, peran serta warga sangat penting untuk mematuhi perintah tersebut. Apalagi, langkah yang diambil Bupati Maros HM Hatta Rahman untuk melakukan isolasi sudah tepat agar matarantai penyebaran virus corona dapat terputus dan tidak semakin meluas,” jelasnya.

Ketua BM PAN Sulsel ini juga meminta agar warga tidak perlu panik atau melakukan tindakan yang gegabah. Sebagai bentuk pencegahan pihaknya telah mendapatkan konfirmasi dari dinas kesehatan yang berencana akan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga Tenriangkae , hari ini Sabtu 28 Maret.

“Saya sudah melakukan koordinasi langsung dengan beberapa dinas terkait yang tergabung dalam Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 dimana akan langsung melakuakan langkah pemantauan epidemologis dan isolasi mandiri keluarga dekat, sambil menunggu pemeriksaan dari Dinas Kesehatan Maros,” katanya.

“Pihak BPPD dan dinas terkait telah melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai wilayah di desa Tenrigangkae,” tambah Bakal Calon Bupati Maros tersebut.(tip)

The post Chaidir Syam Pantau dan Berikan Baantuan Warga Tenrigangkae appeared first on Parepos.

]]>
238136
Dewan Pantau Stok Pangan di Bulog Polman, Ini Hasilnya https://parepos.co.id/2020/03/dewan-pantau-stok-pangan-di-bulog-polman-ini-hasilnya/ Sat, 28 Mar 2020 03:43:26 +0000 https://parepos.co.id/?p=238133 PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Ketua DPRD Polman Jufri Mahmud bersama dengan Anggota DPD RI, Ajbar Abdul Kadir dan Wakil Ketua DPRD Polman Amiruddin dan Hamzah Syamsuddin memantau stok pangan di gudang penyimpanan beras Bulog di Campurjo, Kecamatan Wonomulyo. Dalam pemantauannya tersebut, mereka mendapati empat gudang Bulog lagi kosong dan satu gudang yang terisi itupun hanya sekira 800 […]

The post Dewan Pantau Stok Pangan di Bulog Polman, Ini Hasilnya appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Ketua DPRD Polman Jufri Mahmud bersama dengan Anggota DPD RI, Ajbar Abdul Kadir dan Wakil Ketua DPRD Polman Amiruddin dan Hamzah Syamsuddin memantau stok pangan di gudang penyimpanan beras Bulog di Campurjo, Kecamatan Wonomulyo.

Dalam pemantauannya tersebut, mereka mendapati empat gudang Bulog lagi kosong dan satu gudang yang terisi itupun hanya sekira 800 ton saja. “Kami tadi melihat gudang Bulog di Campurjo dari lima gudang, empat gudang sudah kosong dan satu gudang yang terisi cuma 800 ton padahal kepala gudang menyampaikan kapasitas gudang di Campurjo ini sampai 1.2000 ton. Harusnya dengan melihat situasi sekarang ini, dimana virus korona makin signifikan penyebaranya, harusnya Bulog pikirkan stok pangan kita untuk mengantisipasi bila nanti ada kebijakan pemerintah untuk Lockdown guna melayani konsumsi masyarakat di Kabupaten Polman,”tegas Ketua DPRD Polman, Jufri Mahmud, Sabtu 28 Maret, pagi tadi.

Dalam kunjungannya, mereka pun mendapati dua mobil truk pengangkut beras yang sudah siap berangkat ke Palu. “Ini akan kami pertanyakan ketersedian pangan di Polman dengan stok yang ada, ditengah imbauan pemerintah untuk penutupan akses apakah stok kita akan aman jika terus dilakukan pengiriman keluar. Kita akan pertanyakan ke Bulog seperti apa managemen stok, apakah itu pemerataan stok. Tapi perlu diingat satu bulan kedepan masuk ramadan apakah ada yang bisa diserap. Apalagi hanya beberapa tempat saja yang panen,”kata Jufri Mahmud.

Sementara itu, Kepala Gudang Badan urusan logistik (Bulog) Campurjo, Sukmar membenarkan adanya pengiriman beras ke Palu dalam satu bulan ini, dan dia juga menyampaikan kapasitas gudang di Campurjo 1.2000 ton beras dan yang tersisa hanya sekira 800 ton saja saat ini.

Anggota DPD RI, Ajbar Abdul Kadir yang juga melakukan pantaun ke gudang Bulog, mengatakan, setelah dilakukan cros cek dari dua gudang yakni Majene dan Campurjo ada 900 ton lebih. ” Kabulog  mengklaim itu untuk stok BPNT diperkirakan siap untuk dua bulan lebih, karena kebutuhan BPNT kita diangka 400 ton lebih,” ujarnya.

Lanjutnya dikatakan , untuk kebutuhan ramadan dan hari raya Bulog juga mengaku siap karena mereka juga memproduksi beras komersil yang menurutnya berapa ton pun mereka siap dan dibawah harga pasar.

Terpisah Kepala Sub Divisi Regional ( Divre) Bulog Polman Syamsiar mengaku, jika stok beras di gudang Campurjo masih ada sekira 800 ton. Tapi di gudang Rangas Majene masih ada 153 ton di gudang Polewali masih ada 15 ton. Menurutnya stok tersebut cukup untuk kebutuhan hingga empat bulan kedepan

“Untuk ketahanan pangan saat ini kita melayani Bantuan pangan Non tunai (BPNT) dan sedang berjalan adalah pelayanan maret. untuk kedepan masih cukup dua bulan dan kalaupun bisa masuk beras diluar kita terima dengan melalui proses qulity baru bisa dimasukkan di gudang,” kilahnya.(win)

The post Dewan Pantau Stok Pangan di Bulog Polman, Ini Hasilnya appeared first on Parepos.

]]>
238133
Pertamina Peduli, Bantu Paket Multivitamin dan Makanan Tambahan Bagi Tenaga Medis di RS Rujukan Penanganan Covid-19 https://parepos.co.id/2020/03/pertamina-peduli-bantu-paket-multivitamin-dan-makanan-tambahan-bagi-tenaga-medis-di-rs-rujukan-penanganan-covid-19/ Sat, 28 Mar 2020 02:04:32 +0000 https://parepos.co.id/?p=238130 PAREPOS.CO.ID, MAKASSAR– Sebagai salah satu bentuk tindakan nyata dalam penanganan Coronavirus Disease (COVID-19). PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII memberikan bantuan paket multivitamin dan makanan tambahan bagi tenaga medis yang berjuang di garda terdepan dalam penaganan COVID-19. Seperti bantuan yang diserahkan ke Rumah Sakit (RS) Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Jumat 27 […]

The post Pertamina Peduli, Bantu Paket Multivitamin dan Makanan Tambahan Bagi Tenaga Medis di RS Rujukan Penanganan Covid-19 appeared first on Parepos.

]]>
PAREPOS.CO.ID, MAKASSAR– Sebagai salah satu bentuk tindakan nyata dalam penanganan Coronavirus Disease (COVID-19). PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII memberikan bantuan paket multivitamin dan makanan tambahan bagi tenaga medis yang berjuang di garda terdepan dalam penaganan COVID-19. Seperti bantuan yang diserahkan ke Rumah Sakit (RS) Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Jumat 27 Maret, kemarin.

Bantuan yang diberikan Pertamina diterima langsung oleh Prof. dr. Mansyur Arif, Ph.D, Sp.PK (K) selaku Ketua Satuan Tugas dan Penerimaan Donasi RS Wahidin Sudirohusodo. Pertamina juga menggandeng Human Initiative Sulsel sebagai mitra dalam pemberian bantuan ini.

Bantuan yang diberikan Pertamina pada kesempatan ini antara lain 10 box multivitamin, 100 botol madu, 25 box Susu UHT, buah-buahan segar, 10 box sarung tangan medis (handscoon) serta 2 box masker N95.

Unit Manager Communication dan CSR MOR VII, Hatim Ilwan, menyampaikan, Pertamina memberikan masker dan sarung tangan medis lantaran barang tersebut sudah mulai langka ditemukan. “Selain itu, Pertamina juga memberikan multivitamin dan makanan tambahan kepada tim medis agar kondisi fisik mereka tetap terjaga dan imunitas mereka semakin baik sehingga mereka tidak mudah tertular COVID-19 terutama saat menangani pasien,” ujarnya.

RS Wahidin Sudirohusodo Kota Makassar merupakan salah satu rumah sakit rujukan dalam penanganan COVID-19. Total pasien yang dirawat di sini berjumlah 6 orang dari total 27 pasien positif COVID-19 di Sulawesi Selatan.

Ketua Satuan Tugas dan Penerimaan Donasi RS Wahidin Sudirohusodo, Prof Mansyur mengatakan, tim medis mulai kewalahan dengan semakin langkanya Alat Pelindung Diri (APD) sekarang ini. “Selain APD, bantuan yang kami butuhkan saat ini adalah suplemen karena tenaga medis kami harus bekerja ekstra keras di lapangan. Kami juga sedang menyiapkan tempat menginap darurat bagi petugas medis yang melakukan penanganan COVID-19,” ujarnya.

Dalam situasi saat ini, lanjut Hatim, juga mengajak seluruh warga masyarakat untuk membantu tenaga medis yang tengah berjuang di garda terdepan dalam penanganan COVID-19. “Salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh, menerapkan pola hidup sehat, dan social distancing untuk beberapa waktu,” ujarnya.

Pertamina, masih menurut Hatim, juga terus berupaya memberikan kontribusinya dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19. “Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan pandemi COVID-19 ini segera teratasi,” pungkas Hatim.(*/ade)

The post Pertamina Peduli, Bantu Paket Multivitamin dan Makanan Tambahan Bagi Tenaga Medis di RS Rujukan Penanganan Covid-19 appeared first on Parepos.

]]>
238130