Lantik 69 Kepala Desa Terpilih, Bupati Polman: Kalian Bukan Punggawanya Rakyat Tapi Pelayan Rakyat

  • Whatsapp
Lantik 69 Kepala Desa Terpilih, Bupati Polman: Kalian Bukan Punggawanya Rakyat Tapi Pelayan Rakyat
Bupati Polman saat melantik puluhan kepala desa terpilih dan pergantian antar waktu
POLMAN, PAREPOS.CO.ID — Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar (AIM) melantik  dan mengambil sumpah 69 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades Serentak 2021. Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dilaksanakan di Gedung Gabungan Dinas (Gadis), Kelurahan Pekkabata, Kecamatan Polewali, Selasa 4 Januari 2022.
Dalam sambutannya, Bupati Polman menyampaikan, jika pelantikan ini merupakan bagian akhir dari proses Pilkades Serentak yang digelar pada  November 2021 lalu. “Kami sangat berterima kasih kepada seluruh panitia Pilkades, dimana pelantikan sebanyak 67 Kepala Desa terpilih dan 2 Kepala Desa PAW  tidak terlepas dari kerjasama dari semua panitia,”ujarnya.

AIM mengaku, selama proses Pilkades serentak berlangsung banyak rintangan yang kita lalui, bahkan DPRD sempat melayangkan hak interpelasinya. Namun, telah dijalani semua. Dia pun berpesan kepada seluruh Kepala Desa yang baru saja dilantik, agar jangan langsung melakukan pemecatan terhadap  staf mantan Kepala Desa sebelumnya dan jangan juga berkordinasi dengan siapapun kalau bukan Dinas PMD dan Kepala Daerah. Dan harus rajin berkomunikasi dengan BPD.

“Kepala Desa itu menggunakan lambang garuda, begitu juga bupati. Kita sama sama punya lambang garuda didada. Ingat kalian itu bukan punggawanya rakyat, tapi pelayan rakyat. Awas ketika ada laporan Kepala Desa menjadi raja, dan tidak melayani masyarakat. Maka saya punya kewenangan untuk melakukan pemecatan sementara dan juga punya kewenangan untuk memberhentikan secara tetap. Jadi diharapkan kerja samanya untuk memajukan daerah biar tambah jago dan makin jago,”tegasnya.(win/B)