Customer Loyalty Program PLN UP3 Parepare Apresiasi 10.000 Pelanggan yang Tertib Bayar Listrik

  • Whatsapp
Customer Loyalty Program PLN UP3 Parepare Apresiasi 10.000 Pelanggan yang Tertib Bayar Listrik
Manajer PLN UP3 Parepare, Rizky Ardiana Bayuwerti didampingi Manajer PLPN ULP Mattirotasi, Risman menyerahkan bingkisan ke pelanggan sebagai apresiasi atas kepatuhan membayar rekening listrik.

PAREPARE,PAREPOS.CO.ID– PLN UP3 Parepare memberikan apresiasi kepada pelanggan yang tertib membayar listrik tepat waktu. Program yang bertajuk Customer Loyalty Program itu diperuntukkan bagi pelanggan yang membayar dari tanggal 2 hingga 20 setiap bulan.

Kegiatan serentak dilakukan di 4 kabupaten/kota wilayah PLN UP3 Parepare. Yakni Parepare, Sidrap, Soppeng, dan Barru. Bentuk apresiasi adalah memberikan hadiah menarik. Seperti teko listrik, air fryer, dan peralatan dari listrik lainnya. Hadih itu tidak berlaku bagi pelanggan yang membayar di luar tanggal tersebut (2 sampai 20).

Bacaan Lainnya

Peralatan listrik menjadi pilihan agar masyarakat tahu manfaat electrifying lifestyle. Sehingga penggunaan peralatan konvensional menjadi peralatan listrik semakin diketahui manfaatnya.

Manajer PLN UP3 Parepare, Rizky Ardiana Bayuwerti menjelaskan, pelanggan yang membayar di atas tanggal 20 tidak masuk dalam bagian Customer Loyalty Program PLN.

“Karena tidak termasuk tertib bayar listrik tepat waktu. Malah telak, sehingga dikenakan denda atau pemutusan sementara,” ungkapnya, kemarin.

Rizky menambahkan, kegiatan terlaksana atas dukungan pemerintah daerah di empat kabupaten kota. Yaitu Wali Kota Parepare, Bupati Sidrap, Bupati Soppeng dan Bupati Barru. Dukungan pemerintah dinilai Rizky sangat membantu. Karena mengeluarkan surat imbauan kepada masyarakat untuk tertib membayar listrik tepat waktu.

Tertib bayar listrik tepat waktu, disebutkan Rezki akan saling menguntungkan. Masyarakat tidak didenda, dan berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sekadar informasi, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) setiap pembayaran tagihan listrik akan masuk ke kas daerah. “Kontribusi PAD digunakan untuk pembangunan di masing-masing daerah,” papar Rizky.

Makanya, selain imbauan pemerintah, Rizky menyebut PLN UP3 Parepare membuat Customer Loyalty Program yang dijalankan awal tahun ini. Harapannya, di Tahun 2022 ini semakin banyak masyarakat yang tertib bayar listrik tepat waktu. Khususnya di Kota Parepare, Kabupaten Sidrap, Kabupaten Soppeng, dan Kabupaten Barru.

Dikatakan, apresiasi kepada pelanggan PLN akan berkesinambungan. “Khusus untuk hari ini (kemarin,red), Selasa 4 Januari 2022 PLN UP3 Parepare memberikan apresiasi kepada 160 pelanggan yang paling pertama dan cepat bayar listrik. Yakni tanggal 2-3 tiap bulannya (tanggal diterbitkannya rekening),” tandasnya.

“Meskipun sebenarnya di awal bulan ini sampai dengan tanggal 3 Januari kemarin sudah ada 10.000-an pelanggan yang bayar listrik. Tapi yang diberikan apresiasi adalah pelanggan yang paling cepat bayar listrik, tanggal 2-3 tiap bulannya,” sambungnya.

Rizky merinci, tingkat kepatuhan pelanggan PLN UP3 Parepare membayar listrik tepat waktu sudah sekira 125 ribu atau 46% dari jumlah 266 ribu pelanggan.

Menurut Rizky, kepatuhan pelanggan bayar listrik tepat waktu meningkat signifikan dari tahun sebelumnya. “Bahkan ada 1 ULP wilayah UP3 Parepare sama sekali tidak ada piutang. Semua tertib bayar listrik tepat waktu/ Harapannya, di Tahun 2022 ini dengan adanya Customer Loyalty Program, jauh lebih meningkat lagi tingkat dibanding sebelumnya,” katanya.

Sementara Manajer PLN ULP Mattirotasi, Risman menambahkan, untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat membayar listrik tepat waktu, selain memberikan apresiasi juga melakukan sosialisai dan edukasi manfaat tertib bayar listrik.

“Petugas PLN berinteraksi dengan pelanggan. Bahkan saat dilakukan penagihan kepada yang belum tertib edukasi dilakukan. Masyarakat atau pelanggan pun paham. Juga dilakukan sosialisasi melalui media baik sosial media massa. (*)