Ribuan Warga Terdampak Banjir di Pangkep

  • Whatsapp
Ribuan Warga Terdampak Banjir di Pangkep
Bupati Pangkep bersama Dandim pantau warga yang terdampak banjir

PANGKEP,PAREPOS.CO.ID– Bupati Kabupaten Pangkep, HM Yusran Lalogau (MYL) meninjau titik banjir tergenang yang terjadi diwilayahnya, sejak kemarin dan hari ini, Selasa, 7 Desember 2021.
Bersama rombongan Wakil Bupati Pangkep , H Syahban Sammana dan Dandim 1421 Pangkep dan pihak kepolisian menerobos genangan air yang sudah setinggi lutut orang dewasa.

Bupati juga menemui warga yang terdampak, banjir akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi. “Tadi saya meninjau langsung melihat kondisi banjir dan genangan di sejumlah titik yang terjadi di Kabupaten Pangkep,” katanya.

Bacaan Lainnya

MYL menambahkan, dirinya telah menginstruksi kepada tim BPBD dan gabungan agar tetap mantau perkembangan yang terjadi. “Tadi saya juga memantau posko darurat dan tim, memastikan agar kebutuhan dan segala macamnya, tersedia,” ujarnya.

Dia juga berharap, agar masyarakat bahu membahu bersama tim dan pemerintah menghadapi musibah yang terjadi. Diketahui curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kabupaten Pangkep sejak kemarin, Senin, 6 Desember 2021 hingga hari ini.

Volume air sungai Pangkajene sempat meluap ke area pemukiman warga.Ruas jalan poros Makassar-Pare-Pare lumpuh, akibat banjir sudah menggenangi jalan. Sementara itu, jalur alternatif jalan poros provinsi Minasatene padat dipenuhi angkutan kendaraan.

Pukul 16:00 WITA, air mulai surut dan hujan mulai redah. Sebagian warga melakukan aktivitas membersihkan rumah. Dari data BPBD Pangkep, sebanyak delapan kecamatan yang terdampak banjir menggenangi persawahan, tambak, dan rumah warga.

Sebanyak lima ribu data kepala keluarga yang terdampak banjir dan genangan. Data kecamatan yang terdampak, Kecamatan Balocci, Pangkajene, Bungoro, Labakkang, Ma’rang, Segeri, Mandalle, dan Tondong Tallasa.

Adapun tim penanaganan banjir yang bergerak adalah TRC BPBD, Pusdalops – PB BPBD Kab. Pangkep, Kodim 1421 Pangkep, Polres Pangkep, Dinas Sosial, RSUD Batara Siang, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Tim SAR gabungan, PSC 119, PMI beseta aparat dan relawan setempat.(*/ade)