Pramuka Kwarda Sulbar gelar Diklat KMD tahun 2021

  • Whatsapp
Pramuka Kwarda Sulbar gelar Diklat KMD tahun 2021
Sekertaris Pramuka Kwarda Sulbar Abdul Haris

POLMAN,PARE POS.CO.ID, — Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Sulawesi Barat menggelar Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Kursus Mahir Dasar (KMD) tahun 2021.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Cadika, Kelurahan Manding, Kecamatan Polewali yang juga Sekretariat Kwarcab Pramuka Kabupaten Polman. Kegiatan digelar selama 5 hari yang dimulai dari tanggal 10 -15 Desember 2021.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Kwarda Pramuka Sulbar, Abdul Haris mengatakan, diklat ini merupakan pelatihan KMD atau kursus pembina pramuka tingkat dasar. Pesertanya berasal dari perwakilan lima kabupaten di Sulawesi Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah jumlah pembina pramuka ditingkat SMA/SMK, serta perguruan tinggi termasuk meningkatkan mutu pembina.

“Diklat KMD yang digelar ini sebagai upaya meningkatkan mutu pembina Pramuka di Sulbar, saat ini pembina Pramuka harus mampu menyesuaikan keadaan dan kebutuhan peserta didik kita,”jelas Abdul Haris Rabu 15 Desember 2021 usai penutupan Diklat KMD

Dia menambahkan bahwa pembina pramuka yang ada saat ini baik penegak dan pandega yang ada di Sulbar itu yang tersebar di 6 kabupaten masih sangat minim atau kurang. Untuk itu melalui pelatihan ini dapat melahirkan pembina pramuka yang berkualitas.

Sebab mereka itu pembina yang standby di gudep sekolah SMK dan SMA sehingga harus diberikan pembekalan yang mahir. Diklat KMD ini diikuti oleh 40 peserta dari Sulbar. Kegiatan ini digelar di dua tempat, untuk pelatihan materi dilaksanakan di Hotel Istana Wonomulyo dan pelatihan prakteknya dilaksanakan di Lapangan Cadika Manding.(win/B)