Dua Rumah Terseret Arus Sungai Cabbue

  • Whatsapp

SOPPENG,PAREPOS.CO.ID- Angin kencang diiringi dengan derasnya hujan membuat beberapa anak sungai di Kabupaten Soppeng meluap. Salah satunya Sungai Cabbue, di Kelurahan Ompo, Kecamatan Lalabata, yang meluap mengakibatkan dua rumah milik Laufe dan Tisman terbawa arus.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Shahrani saat dikonfirmasi mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 Wita, dimana air Sungai Cabbue meluap mengakibatkan rumah yang berada di sekitar bibir sungai terdampak dan hanyut.
Selain itu, luapan air banjir juga diakibatkan dengan pekerjaan bendung yang sementara proses pembangunan, dimana pada pembangunan itu penahan air yang berada di tengah sungai Cabbue tidak terbuka, sehingga air mengalir deras di pemukiman. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian material diperkirakan cukup besar dikarenakan 2 rumah hanyut, 1 rusak,” kata Shahrani, Senin, 6 Desember 2021.
Saat ini kata dia, pihaknya tengah melakukan evakuasi warga dan mendata warga yang terdampak dari bencana tersebut. Dari informasi Kapolres Soppeng, AKBP Muh Roni, dua rumah warga yang terbawa arus diperkirakan mengalami kerugian material mencapai Rp350 juta. “Kurang lebih Rp350 juta untuk dua rumah itu,” katanya.
Sementara rumah warga yang dibongkar, kata dia, tidak dihitung kerugiannya. Karena pemilik rumah antisipasi terdampak banjir dan langsung melakukan pembongkaran rumah. “Jadi pemilik rumah yang satu ini sudah antisipasi dan bongkar rumahnya sebelum tersapu banjir,” jelasnya.
Dia pun menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati dan waspada dengan banjir susulan, terlebih kepada masyarakat yang bermukim disekitar aliran sungai.(ima/B)