Warga Kupa Berjibaku Evakuasi Lumba-Lumba Hidung Botol

  • Whatsapp

BARRU,PAREPOS.CO.ID– Seekor ikan lumba-lumba terdampar di pesisir pantai di Desa Kupa , Kecamatan Mallusetasi , Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Ikan lumba-lumba hidung botol ini terdampar , Senin, 15 November, sekira pukul 14.30 WITA dan ditemukan oleh nelayan yang baru saja pulang melaut.

Warga Kupa Berjibaku Evakuasi Lumba-Lumba Hidung Botol
Ikan Lumba-Lumba Hidung Botol

Alhasil, warga sekitar pun turut serta dan berhasil mengevakuasi ikan itu secara beramai-ramai sekira 1 jam setelah terdampar. Kepala Desa Kupa, Suardi Haruna menceritakan awalnya mamalia laut yang diperkirakan memiliki panjang lebih dari 1 meter tersebut dikira batang kayu yang terdampar di bibir pantai. “Saat didekati bergerak-gerak , posisinya sudah terdampar di bibir pantai, ternyata lumba-lumba, akhirnya kami pun berinisiatif langsung berusaha mengembalikan ke pantai,”jelasnya.

Bacaan Lainnya

Suardi menjelaskan tidak mudah untuk mengevakuasi hewan yang dikenal bersahabat dengan manusia ini ke laut. “Sekitar 3 kali kami dorong ke laut , namun dia kembali lagi ke pantai. Nanti pada saat keempat kalinya kami bersama-sama dengan berenang , ke laut yang agak dalam , baru dia pergi. Bahkan, ikan itu sempat berenang mengelilingi kami, mungkin mau mengucapkan terima kasih , lalu berenang menjauh,”bebernya.

Kejadian lumba-lumba terdampar di Pantai Kupa kata Suardi merupakan yang pertama kalinya terjadi di daerah tersebut. “Asumsi saya mungkin karena terpisah dari kawanannya, tersesat atau ada ikan pemangsa seperti hiu yang memburunya, tadi beberapa kali kami berusaha evakuasi ke laut , dia kembali, mungkin takut karena ada yang mau mangsa,”tutupnya.(*/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *