Wali Kota Parepare Target 60 Persen Vaksinasi Lansia di November

  • Whatsapp
Wali Kota Parepare Target 60 Persen Vaksinasi Lansia di November
Wali Kota Parepare dalam kegiatan seminar kesehatan yang digelar ICMI Orda Kota Parepare

PAREPARE ,PAREPOS.CO.ID– Saat membuka kegiatan seminar kesehatan yang mengangkat tema ‘Vaksin Sukses, Wujudkan Indonesia Sehat dan Bermartabat. Kegiatan digelar ICMI Orda kota Parepare yang bersinergi dengan Pemkot Parepare juga Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar). Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe dalam sambutannya meminta agar capaian vaksinasi ditingkatkan.

Ia menyebut capaian vaksinasi bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah mencapai 89,90 persen atau 2.444 untuk dosis pertama. Sementara dosis kedua mencapai 2.343 atau 86 sekian persen. Serta dosis ketiga (booster) sebanyak 1.963 sudah tervaksin, dari target sebesar 2.719.
Selain itu, untuk pelayaanan publik targetnya adalah 17.987 dosis pertama dan sudah melampaui dari pada target yaitu 19.324 atau 107,43 persen.  Sementara, Dosis kedua sebanyak 15.996 atau 88,93 persen. “Artinya ini mereka di sektor pelayanan publik sangat penting sekali. Memang dari awal saya pernah mewanti-wanti. Sektor pelayanan publik ini jangan menjadi faktor yang bisa melemahkan semua sistem yang ada,” ujar Taufan Pawe.
Tidak hanya itu, lanjut Ketua Golkar Sulsel, dia menargetkan agar vaksinasi bagi lansia dan pra lansia harus bisa mencapai 60 hingga 70 persen pada akhir bulan November 2021.”Target kita 7.500 lebih. Untuk  capaian dosis satu baru mencapai 6.019 atau 21 persen. Dosis dua 5.150 atau 18 persen. Ini justru mereka lansia dan pra lansia.  Mereka ini adalah pribadi-pribadi yang cukup resistensi yang cukup membahayakan apabila terkonfirmasi,”ungkapnya.
Dia pun meminta kepada Dinkes untuk mendatangi mereka.  Sebab, kata Taufan, kemungkinan lansia memang tidak memiliki waktu yang cukup dan juga tenaga yang terbatas. “Door to door lah. Karena tidak menutup kemungkinan memang ada rasa yang tidak mampu, tapi ada juga yang takut jarum suntik. Jadi dibutuhkan edukasi. Pendekatan-pendekatan edukasi dan informasi,” katanya.
Sebelum menutup sambutannya, dia berpesan kepada Asisten 1 Pemkot agar memerintahkan kepada semua jajaran Kelurahan maupun RT\RW untuk melangkah.
“Saya mau diakhir November ini, sudah mencapai 60-70 persen,” tegasnya.
Sementara, untuk capaian vaksinasi bagi masyarakat umum target lnya adalah 53.600. sedangkan yang telah divaksin dosis satu sebanyak 52.000, dosis dua 21.000. “Capaian vaksinasi bagi remaja masih sangat rendah. Pembelajaran Tatap Muka dibuka seluas luasnya, maupun yang pembinaan provinsi, dengan syarat harus dapat persetujuan dari tim gugus tugas kota.  Syaratnya anak didik 100 persen divaksinasi. Termasuk guru-guru. Dan tentu harus mencermati SOP yang telah kami keluarkan,” imbuhnya. Dan secara keseluruhan pemerintah menargetkan capaian vaksinasi di kota Parepare mencapai 60-70 persen pada Bulan Desember 2021. (nan/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *