Tok! APBD Parepare Disahkan, Belanja Daerah Rp 923 Miliar

  • Whatsapp
Tok! APBD Parepare Disahkan, Belanja Daerah Rp 923 Miliar
Penyerahan persetujuan bersama antara DPRD dan Pemkot Parepare yang diserahkan Ketua DPRD ke Wakil Walikota.

PAREPARE, PAREPOS.CO.ID– Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022 disetujui bersama antara DPRD dan Pemerintah Kota Parepare melalui rapat paripurna, Jumat, 26 November 2021. Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Parepare, Hj Andi Nurhatina Tipu S.Sos, Wakil Ketua M Rahmat Sjamsu Alam SH dan anggota DPRD lainnya.

Rapat pun dihadiri Wakil Walikota Parepare,  H Pangerang Rahim, Sekda H Iwan Asaad AP MSi, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan SKPD dan undangan lainnya. Setelah dibuka secara resmi, dengan jumlah anggota yang hadir sebanyak 18 orang dari 25 orang, maka dinyatkan kourum.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, Hj Nurhatina mempersilahkan Wakil Ketua DPRD M Rahmat Sjamsu Alam untuk membacakan hasil pembahasan Badan Anggaran (Banggar). ” Karena syarat melaksanakan rapat paripurna pengesahan APBD 2022 telah mencapai 18 orang dari 25 anggota DPRD, dengan demikian paripurna dilanjutkan dan terbuka untuk umum”, ungkap Ketua DPRD.

Wakil Ketua DPRD Parepare, Rahmat menjelaskan, setelah dilakukan pembahasan maka hasilnya antara lain. Untuk ppendapatan sebesar Rp906,1 miliar lebih, Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp163,3 miliar lebih, dan total belanja daerah sebesar Rp923 miliar lebih.

Selain itu, Rahmat juga menjelaskan, tentang target masing masing SKPD yang dipercayakan memungut PAD serta anggaran SKPD tahun 2022 secara rinci kepada 33 SKPD yang ada, termasuk 4 kecamatan dan anggarannya. ” Dari hasil pembahasan Banggar maka ditetapkan pendapatan sebesar Rp 906,1 miliar lebih, Pendapatan Asli Daerah ( PAD) sebesar Rp163,3 miliar lebih dan total Belanja Daerah sebesar Rp923 miliar lebih dan seterusnya”, jelasnya.

Selanjutnya dilaksankan penandatanganan persetujuan bersama oleh Pimpinan DPRD dan Wali Kota Parepare yang didelegasikan ke Wakil Walikota H Pengeran Rahim setelah sebelumnya dibacakan draf berita acaranya oleh Sekwan Jumadi SE MM .

Wakil Walikota Parepare dalam sambutan tertulis Wali Kota antara lain mengatakan, terima kasih kepada DPRD yang telah membahas ranperda ini hingga ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dan tentunya setelah ini akan dikonsultasikan ke Provinsi sebagai start penetapan. ” Terima kasih kepada DPRD yang telah membahas perdana APBD 2022 ini hingga ditetapkan dan selanjutnya akan dikonsultasikan ke provinsi sebagaimana aturannya,” katanya.

Seperti diketahui pengesahan ini sedikit dramatis, karena penjadwalan sehari sebelumnya tidak kourum. Nanti dihari kedua bisa kourum, dengan kehadiran anggota DPRD sebanyak 18 orang atau minimal 17 orang dari 25 anggota DPRD Kota Parepare. (anj/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *