Suhardi Nahkodai HAMI Sulsel, Sunan Kalijaga: Cerdaskan Masyarakat Soal Hukum

  • Whatsapp
Suhardi Nahkodai HAMI Sulsel, Sunan Kalijaga: Cerdaskan Masyarakat Soal Hukum
Pengukuhan pengurus DPD HAMI Sulsel

MAKASSAR,PAREPOS.CO.ID–Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) kian melebarkan sayapnya di negeri ini. Organisasi advokat yang dinahkodai pengacara kondang Sunan Kalijaga tersebut turut membentuk kepengurusan di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sunan Kalijaga melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HAMI Sulsel di Baruga Anging Mammiri, Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Sabtu, 20 November 2021.

Sunan Kalijaga yang turut didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) HAMI, Yunus Adhi Prabowo, melantik Suhardi sebagai Nahkoda HAMI Sulsel.

Pelantikan tersebut turut disaksikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kota Makassar, Irwan Bangsawan yang mewakili Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Suhardi Nahkodai HAMI Sulsel, Sunan Kalijaga: Cerdaskan Masyarakat Soal Hukum
Pendampingan hukum bagi masyarakat

Di bawah komando Suhardi, Sunan Kalijaga meyakini HAMI akan memiliki manfaat besar untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang tersandung kasus hukum. Hadirnya HAMI di Sulawesi Selatan jug, diakui sebagai upaya untuk mencerdaskan masyarakat terkait persoalan hukum.

Kendati, kata Sunan Kalijaga, masyarakat kalangan menengah ke bawah biasanya tidak paham tentang hukum, sehingga hadirnya HAMI dapat memberikan pemahaman melalui penyuluhan.

“Memberikan bantuan atau penyuluhan dan konsultasi hukum gratis, itu saya instruksikan di seluruh jajaran HAMI di Indonesia, ” kata Sunan Kalijaga sebagai dalam sambutannya pada pelantikan tersebut.

Maka untuk memudahkan keinginan HAMI memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat, Sunan Kalijaga berharap jajarannya agar bersinergi dengan pemerintah dan aparat penegak hukum.

“Jadi harapan saya, teman – teman yang dilantik, untuk dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Kejaksaan dan Kepolisian. Banyak sekali masyarakat terjebak kasus hukum, maka kami hadir ini harus bisa bermanfaat, bisa memberikan penyuluhan hukum, sehingga masyarakat tidak terjerat dengan kasus dan dapat menekan angka kriminal,” pintanya.

Senada, Ketua DPD HAMI Sulsel, Suhardi mengamini hadirnya organisasi Advokat besutan Sunan Kalijaga mampu membantu masyarakat terkait persoalan hukum.

“Semoga bisa terbantu terkait persoalan hukum untuk warga Kota Makassar, InsyaAllah nantinya HAMI bersinergi dengan Pemerintah,” sambungnya.

Hadirnya HAMI di Sulawesi Selatan mendapat respon positif dari Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kota Makassar, Irwan Bangsawan.

“Pemerintah Kota Makassar sangat mengapresiasi, tentunya kita berharap HAMI dapat memberikan manfaat sebesar besarnya kepada masyarakat kita. Apalagi masyarakat menengah ke bawah yang kadang – kadang mereka buta hukum,” katanya saat ditemui seusai menghadiri kegiatan pelantikan.

Menurut Irwan, hadirnya HAMI yang dianggap mengerti tentang hukum dapat memberikan pemahaman melalui penyuluhan kepada masyarakat agar kasus kasus yang kerap terjadi mampu diminimalisir.

Irwan Bangsawan berharap, HAMI yang dipimpin Sunan Kalijaga mampu bersinergi dengan Pemerintah Kota Makassar.

Diketahui, selain melantik pengurus HAMI Sulsel, Sunan Kalijaga juga membuka penyuluhan dan konsultasi hukum secara gratis bagi masyarakat yang dipusatkan di Warkop Sija, Jalan Topaz Raya Makassar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *