Rektor ITBH akan Bentuk Puluhan Program Studi

  • Whatsapp
Rektor ITBH akan Bentuk Puluhan Program Studi

PAREPARE, PAREPOS.CO.ID–Pemerintah Kota Parepare menyambut rektor pertama Institut Tekhnologi BJ Habibie (ITBH), Prof Dr  Ir Ansar Suyuti MT, dengan mengadakan ramah tamah di Ruang Pola Setdako Parepare, Rabu, 3 November 2021.

Pada ramah tama, Prod Dr Ir Ansar Suyuti memuji walikota Parepare. Ia mengatakan sangat luar biasa, setingkat walikota bisa mewujudkan perguruan tinggi negeri. Hal itu katanya yang harus diapresiasi karena tidak ada yang dapat melaksanakan selain walikota Parepare.

Bacaan Lainnya

Apalagi di Indonesia hanya lima perguruan tinggi negeri. Salah satunya Parepare. Yakni ITB, ITS, ITH, ITK, dan ITBH. Prof Ir Ansar asli Kabupaten Sidrap ini menerangkan, untuk menjalankan ITBH harus totalitas dikerjakan. Utamanya menyediakan sarana dan prasarana, tamah dan gedung. “ITBH ini yang lingkupnya se Sulawesi sangat luar biasa. Kemudian di inisiasi keberadaannya di Parepare. Ini adalah hal luar biasa, tidak biasa orang yang bisa melakukan,” tutur dosen UNHAS tersebut.

Ia mengatakan, akan membuka puluhan program studi (Prodi), yang saat ini baru tiga program studi, terbuka yakni Matematika, Sistem Informasi, dan Teknik Informasi. Ia mengharapkan adanya kehadiran tersebut menghadirkan Habibie baru yang muncul berkat Walikota Parepare

“Kita bayangkan kalau kita bisa membuka 30 prodi, dengan 100 mahasiswa, berartikan 30 x 100, berarti 3000 x 4 tahun, sekitar 12 ribu saja. Dosen itu, satu program studi 20 orang, minumum 12 studi yang akan menjadi warga di kota Parepare. Tentunya misi yang luar biasa itu, akan meningkatkan ekonomi, peneliatan dan pengabdian masyarakat, dan teknograf yang akan bermunculan disini,” jelasnya.

Untuk penerimaan mahasiswa baru katanya, setelah persiapan sarana dan prasana ITBH. “Penerimaan Maba setelah kami menyiapkan semua persyaratan, sarana prasarana, dosen, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), mata kuliah dan lain-lain. Baru kami minta izin ke Dikti, paling lambat tahun ajaran 2022 insya Allah sudah untuk tiga program studi,” jelasnya.

Sementara walikota Parepare, Dr H.M Taufan Pawe, mengatakan ITBH yang diinspirasi sejak tahun 2014, dan Bj Hbaibie dijadikan sebagai sumber inspirasi, telah terbukti secara formal dan material. Hal itu mencatat sejarah sebagai salah satu dari lima institut teknologi negeri di Indonesia.

“Terakhir ini luar biasa pada akhirnya ITBH hadir di Parepare. Dan kehadirnya ini bukan hanya secara formal, tetapi juga secara material. Jadi hadir Pak rektor bekerja secara maksimal dengan jajarannya untuk mengelolah perguruan tiggi ini secara baik secara profesional, proforional,  tata kelola tinggi itu, hingga mendapatkan rasa dan kepercayaan di masyarakat,” pungkasnya. (ana/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *