Puspaga PeduliTa Bantu Pemerintah Cegah Stunting

  • Whatsapp
Puspaga PeduliTa Bantu Pemerintah Cegah Stunting

PAREPARE, PAREPOS.CO.ID– Pusat Pembelajaran Keluarga dan Layanan Konseling Keluarga Terintegrasi (Puspaga PeduliTa’) Kota Parepare melaksanakan On The Road dalam giat Dukung pemerintah cegah stunting (Duta CS), kepada masyarakat, dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) tingkat kecamatan dan kelurahan se Kota Parepare, serta PKK Remaja.

On The Road dilaksankan di tiap kecamatan se Kota Parepare, Sabtu 20 November 2021.

Hal tersebut juga sejalan dengan program Presiden Joko Widodo, yang menargetkan tingkat prevalensi stunting di Indonesia bisa turun menjadi 14 persen pada tahun 2024. Kota Parepare nantinya menjadi Lokus stunting pada tahun 2022.

Ketua Puspaga Peduli Ta’ Kota Parepare, Sriyanti Ambar, memperkenalkan Puspaga Peduli Ta’.

Ia menjelaskan Puspaga Peduli Ta’ merupakan wadah edukasi kepada masyarakat.  Juga memiliki berbagai program diantaranya, konseling, peduli lansia, inspirasi anak pasar dan beberapa program lainnya.

Selain itu Puspaga Peduli Ta’ juga melayani konseling secara gratis.

Puspaga Peduli Ta’ dibina oleh walikota Parepare, Dr. H.M Taufan Pawe, dan Ketua TP PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan.

“Salah satu fungsi Puspaga Peduli ta’ adalah sebagai pusat edukasi, dan juga konseling. Jadi sasaran Puspaga adalah keluarga. Siapa keluarga yang dimaksud adalah ayah, ibu, anak, mertua, kakak, nenek, ipar dan semua yang tergabung dalam keluarga itu,” jelasnya.

Pada on The Road katanya menyegarkan kepada masyarakat dan untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara mencegah stunting, dan juga cara mengukur anak-anak.

Selain itu dalam mencegah stunting butuh nutrisi yang cukup, utamanya Asi Eksklusif. Selain itu juga mencegah stunting pada anak ini dilakukan pada 1.000 hari pertama dengan mencukupi asupan makanan yang seimbang melalui nutrisi makro dan mikro.

“Cegah stunting di Parepare terdapat dua macam konselor, konselor menyusui, dan konselor Pemberian Makanan Bayi dan Anak. Stunting dibandingkan tinggi dan umur,” jelas Bintang, pemateri pada On The Road

On The arpad Puspaga Peduli Ta’ Kota Parepare diterima langsung oleh para camat dan sekretaris camat di empat kecamatan. (ana/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *