Pengelolaan Zakat di Lingkup Pemerintah, Erna Rasyid: Dahulukan Keikhlasan

  • Whatsapp
Pengelolaan Zakat di Lingkup Pemerintah, Erna Rasyid: Dahulukan Keikhlasan
Ketua Lazismu Hj Erna Rasyid Taufan

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Pemerintah Kota melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar Pelatihan Pengelolaan Zakat, Infaq dan Shadaqah.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Iwan Asaad, dan menghadirkan pemateri dari Ketua Lazismu Parepare Hj Erna Rasyid Taufan, di Hotel Kenari, Rabu, 10 November 2021.

Bacaan Lainnya

Iwan Asaad mengatakan, kegiatan yang dilakukan Pemerintah Daerah ini bekerjasama dengan Baznas parepare untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pengelolaan zakat yang ada di kota parepare, dengan tahap awal ini memberikan edukasi dan pemahaman di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Ini adalah bagian daripada tindak lanjut Perda kota parepare terkait dengan lengelolaan zakat. Dan kita berharap dengan hadirnya perda dan peraturan-peraturan lainnya bukan ada pemahaman memaksa terkait dengan zakat itu, tapi sebaik apapun itu, kesadaran yang harus dihadirkan untuk melakukan zakat, bershadaqah dan  berinfaq sebagai bagian daripada kewajiban umat muslim yang kita sentuh di kalangana ASN,”jelas Iwan Asaad.

Dengan pelatihan ini tambahnya, model-model penyaluran zakat akan lebih transparan dibanding dengan yang dilakukan sebelumnya, karena mengikuti perkembangan jaman. “Pada akhirnya akan melibatkan opd, namun ini kita hanya kita hadirkan beberapa skpd yang bisa menjadi target bulan ini kemudian selanjutnya akan diatur secara bertahap dan dapat menyentuh semua SKPD di Kota Parepare,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Lazismu Hj Erna Rasyid Taufan dalam materinya menekankan, bahwa bersedekah harus mendahulukan keikhlasan agar amil zakat sebelum bertindak betul-betul niat karena Lillahi Taala. “Insya Allah yang sedekah harus didahulukan itu masalah keikhlasan. Kita bisa buka beberapa ayat dalam Al Quran yang berkaitan dengan zakat, agar supaya amil kita sebelum bertindak mereka betul-betul lillahi taala. Kalau lillahi taalah insya allah berkesinambungan keikhlasannya,”tekan Dai’ah ini.

Ia juga berharap agar kegiatan ini terus disosialisakan ke masyarakat agar manfaat Zakat, Sedekah, dan Infaq membuat orang sadar bahwa berzakat tidak membuat orang menjadi miskin (ana/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *