Pemkot Parepare Pamerkan Inovasi Dan Produk Industri UMKM di Pekan Raya Sulsel

  • Whatsapp
Pemkot Parepare Pamerkan Inovasi Dan Produk Industri UMKM di Pekan Raya Sulsel
Wali Kota Parepare H.M Taufan Pawe Saat Mencoba Gitar Produk UMKM Binaan Pemkot Parepare

MAKASSAR, PAREPOS.CO.ID – Dalam upaya untuk memperkenalkan akan perkembangan Inovasi yang pesat di Kota Parepare, Pemerintah Kota Parepare mengikuti Perhelatan Event Pekan Raya Sulsel oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yang terlaksana di Celebes Convention Center (CCC) Jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar, Sabtu 20 November 2021.

Event yang terlaksana mulai dari tanggal 17 hingga 20 November 2021 hari ini, merupakan rangkaian hari jadi Provinsi Sulawesi Selatan yang ke 352, dengan menampilkan Inovasi serta Industri Kreatif setiap daerah yang mengikuti event tersebut.

Bacaan Lainnya

Pemkot Parepare Pamerkan Inovasi Dan Produk Industri UMKM di Pekan Raya Sulsel

Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kota Parepare Basuki Busrah, SE, M.Si mengatakan,  Jauh sebelumnya Pemerintah Kota Parepare telah mempersiapkan apa saja yang akan di gaungkan terkait perkembangan Inovasi yang pesat dari Kota Cinta Habibie Ainun.

Sejumlah produk UMKM khas Kota Parepare dipamerkan, dan sangat banyak mendapat pujian baik dari pengunjung maupun sesama tenant Pemerintah Kabupaten Kota. “Ada banyak Inovasi yang dihadirkan Pemkot Parepare dalam bentuk visual, yang menunjukkan Pertumbuhan yang pesat dari Kota Parepare, atas kepemimpinan Bapak Walikota Parepare, H.M Taufan Pawe,” katanya.

Pemkot Parepare Pamerkan Inovasi Dan Produk Industri UMKM di Pekan Raya Sulsel

Dirinya menjelaskan, pada Pekan Raya Sulsel tersebut, Pemkot Parepare juga menghadirkan produk UMKM yang diolah langsung oleh Industri Kecil Menengah (IKM) Parepare. Serta  desain Gaun Sutera khas Parepare yang merupakan hasil karya Ketua TP PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan. “Ada banyak kerajinan yang berada dibawah binaan Pemkot Parepare, seperti lampu gantung dan tempat tisu yang terbuat dari Kerang Laut, kemudian industri pembuatan gitar. Yang menariknya, gitar buatan Kota Parepare yang dibawah binaan Dinas Perdagangan Kota Parepare, ternyata sudah mendapat banyak pesanan dari luar, dan telah memiliki hak kekayaan intelektual. Kemudian Industri di bidang kuliner yang memang selama ini kita bawa disetiap event, yakni abon ikan yang dibuat langsung oleh ibu-ibu nelayan yang juga dibawah binaan Dinas PKP Parepare, dan terakhir kripik kentang yang merupakan binaan kelompok pemuda kreatif TDA (Tangan Di Atas) Kota Parepare. Semua itu adalah produk yang kita pamerkan pada event Pekan Raya Sulsel.

Basuki menambahkan, pada event Pekan Raya Sulsel tersebut Pemkot Parepare juga memamerkan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang meningkat dengan sangat pesat. “Yang ditampilkan juga adalah dari segi Pertumbuhan Ekonomi Parepare, yakni Delapan Tahun kepemimpinan Taufan Pawe Beri Bukti, Medical Tourism, kemudian Destinasi Kepariwisataan yang semuanya dalam bentuk visualisasi. Hal yang paling kita utamakan sesuai Visi – Misi Bapak Wali Kota Parepare, yakni mewujudkan Industri Tanpa Cerobong Asap. Olehnya itu yang paling kita tonjolkan adalah di Sektor Industri Kreatif Kota Parepare,” Imbuhnya.

“Harapan saya bahwa dalam mengikuti pekan raya sulsel kita dapat memperkenalkan Kota Parepare, yang terus maju. Apalagi selama kepemimpinan bapak Taufan Pawe kita mengalami perkembangan dibidang kepariwisataan dan industri kreatif, juga sektor kesehatan yang lebih maju. kita juga mengharapkan masyarakat sulsel dapat mengetahui perkembangan pesat yang terjadi di Kota Parepare, dan juga dengan mengikutkan UMKM di Pekan Raya Sulsel, para pelaku usaha kita dapat merasakan perhatian dari pemerintah kota khususnya dalam pengembangan kewirausahaan,” harapnya.

Kasubag Pembinaan BUMD Dan BLUD Bagian Perekonomian Pemkot Parepare Fikriani Hakim yang juga sebagai Penanggungjawab tenant Parepare mengungkapkan, sejak kegiatan berlangsung hasil kerajinan dan produk UMKM yang dipamerkan sangat banyak diminati pengunjung. “Sudah banyak produk yang laku, mulai dari baju, kerudung, dan juga gitar. Yang paling laku keras itu roti mantao, karena sebelum penutupan semua sdh habis terjual,” ungkap Ikri sapaan akrabnya.

Diketahui, Event merupakan salah satu wadah bagi Pemerintah Kota Parepare dalam meningkatkan Inovasi baik itu pada sektor Pariwisata, maupun pemgembangan Produk Industri UMKM. Sabtu 20 November merupakan penutupan kegiatan Pekan Raya Sulsel yang telah diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.(res)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *