Longsor di Lembang Buttu Lindo Putus Jalur Kecamatan Bittuang dan Saluputti

  • Whatsapp
Longsor di Lembang Buttu Lindo Putus Jalur Kecamatan Bittuang dan Saluputti
tanah longsor yang terjadi di Parodo Lembang Buttu Limbong Kecamatan Bittuang.

TANA TORAJA, PAREPOS.CO.ID — Musim hujan mengakibatkan bencanan longsor dibeberapa titikujan di Kabupaten Toraja. Salah satu titik bencana tanah longsor terjadi di Parondo Lembang Buttu Limbong. Bencana tanah longsor ini mengakibatkan akses jalan Kecamatan Saluputti – Bittuang tertutup.

Kapolsek Saluputti, Iptu Sette Marrung mengatakan, bersama personelnya mendatangi lokasi longsor sekitar pukul 07.30 wita setelah mengetahui telah terjadi bencana alam tanah longsor yang terjadi di Parodo Lembang Buttu Limbong Kecamatan Bittuang.

Bacaan Lainnya

Daerah ini merupakan akses jalan poros penghubung dua wilayah kecamatan. Sette Marrung menjelaskan, kejadian bencana alam tanah longsor tersebut diperkirakan terjadi pada hari Senin tanggal 29 November 2021 dini hari, akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

Akibatnya tanah diatas tebing longsorlalu menutupi jalan sepanjang 70 meter dalam bentuk lumpur. Lumpur tersebut membut mengakibatkan kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melintasi jalan tersebut. Bahkan, satu unit sepeda motor terjebak dalam lumpur akibat lonsor tersebut.

Agar jalan bisa dilalui warga, kata Kapolsek, warga bergotong royong membersihkan material longsor berupa lumpur kayu dan bebatuan dengan alat berat loader dari pemerintah daerah. Data terkahir, hingga pukul 11.30 Wita jalur sudah dapat dilewati kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.

Meski saat ini jalan sudah bisa dilewati, namun dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati – hati saat melintasi jalan tersebut karena jalan masih tergenang lumpur dan licin.(mg3/B)