Inovasi Pemkot Parepare Antar Raih Penghargaan Kota Sehat Tertinggi

  • Whatsapp
Inovasi Pemkot Parepare Antar Raih Penghargaan Kota Sehat Tertinggi
Wali Kota Parepare H.M Taufan Pawe

PAREPARE, PAREPOS.CO.ID – Beragam inovasi yang dilakukan pada tujuh tatanan indikator Kota Sehat mengantarkan Kota Parepare meraih penghargaan Kota Sehat kategori tertinggi Swasti Saba Wistara untuk keempat kalinya berturut-turut.

Anugerah penghargaan ini terasa spesial karena pada momentum delapan tahun kepemimpinan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, sekaligus menggenapkan 205 penghargaan yang didapatnya selama delapan tahun memimpin Parepare.

Bacaan Lainnya

Pengumuman penghargaan Kabupaten Kota Sehat dilakukan secara virtual oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri, yang diikuti oleh Wali Kota Parepare Taufan Pawe dan jajaran Pemkot Parepare di Ruang Kerja Wali Kota Parepare, Rabu, 17 November 2021.

“Alhamdulillah tahun ini kita kembali meraih penghargaan Kota Sehat Kategori Wistara, untuk keempat kalinya berturut-turut. Ini membuktikan komitmen dan kepedulian kita bersama untuk mewujudkan Parepare Kota Sehat, dan meningkatkan derajat kualitas hidup sehat masyarakat,” ungkap Taufan Pawe.

Wali Kota Parepare dua periode ini berharap raihan penghargaan Kota Sehat ini, selaras dengan mewujudkan Parepare bebas dari Covid-19. “Tugas kita bersama sekarang ini bagaimana mewujudkan Parepare terbebas dari Virus Corona atau Covid-19. Semoga ke depan dengan kerja-kerja masif kita tegakkan protokol kesehatan dan vaksinasi, Parepare bisa terus pertahankan zero kasus Covid-19,” harap Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.

Ketua Tim Pembina Kota Sehat Parepare yang juga Kepala Bappeda Parepare Samsuddin Taha mengungkapkan, keberhasilan Parepare meraih penghargaan Kota Sehat tertinggi tahun ini terbilang luar biasa. Karena kualitas penilaian ditingkatkan dan menjadi lebih ketat. Jika sebelumnya banyak Kabupaten Kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Kabupaten Kota Sehat, maka tahun ini hanya pada kisaran 36 daerah.

“Keunggulan Parepare saat diverifikasi lapangan oleh Tim Verifikasi Nasional Kota Sehat adalah inovasi pada setiap tatanan. Ada tujuh tatanan Kota Sehat, semuanya memiliki inovasi. Pada setiap Lokus yang dinilai ada tatanan Kota Sehat di dalamnya,” terang Samsuddin Taha.

Tujuh tatanan Kota Sehat dimaksud adalah penataan sarana dan prasarana permukiman sehat, penataan kawasan transportasi dan tertib lalu lintas, kawasan industri dan perkantoran sehat, penataan kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan sehat mandiri, dan kehidupan sosial sehat.

Ketua Forum Kota Sehat Parepare, H Minhajuddin Ahmad sejak awal yakin, Parepare akan mendapatkan penghargaan Kota Sehat Wistara keempat kalinya berturut-turut. Sebelumnya Parepare sudah mendapatkan Wistara pada 2015, kemudian 2017, lalu 2019, dan kini 2021. Atau semuanya didapatkan pada masa pemerintahan Wali Kota Taufan Pawe.

“Selama kami mendampingi Tim Verifikasi Nasional saat verifikasi lapangan banyak penilaian positif terhadap Lokus-lokus yang ada di Parepare. Karena itu, sejak awal kami sudah optimis Parepare akan mendapatkan Wistara keempat,” tandas Ketua Dewan Pengawas RSUD Andi Makkasau Parepare ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *