Dorong Pelaku Wisata Lokal Mandiri, Kreatif, dan Berdaya, tiket.com Gelar Coaching Clinic di Likupang

  • Whatsapp
Dorong Pelaku Wisata Lokal Mandiri, Kreatif, dan Berdaya, tiket.com Gelar Coaching Clinic di Likupang

Sulawesi – Akhir pekan lalu (13/11), tiket.com, pionir OTA di Indonesia, bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Politeknik Pariwisata Makassar (POLTEKPAR Makassar), dan Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara dalam rangka penyelenggaraan FGD (Focus Group Discussion) bertajuk Optimizing Digital Marketing to Revive Tourism Industry & Socialization of the CHSE Certification Program sebagai langkah nyata upaya tiket.com untuk akselerasi pemulihan pariwisata Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Indonesia.

tiket.com mengajak POLTEKPAR Makassar menjadi mitra strategis dalam menjaring calon peserta FGD. Hal tersebut karena saat ini, dalam hal pembinaan pelaku wisata, POLTEKPAR Makassar merangkap untuk seluruh wilayah Sulawesi, serta Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara dalam menjaring pelaku usaha hotel, homestay, dan penyelenggara tur lokal khusus di kawasan Likupang.

FGD ini terdiri dari berbagai segmen Coaching Clinic bermanfaat yang dirancang oleh tim tiket.com untuk mengedukasi berbagai kiat dalam mengoptimalkan pemasaran produk usaha melalui platform digital bagi para pelaku usaha wisata sehingga para talenta sektor pariwisata di Likupang pun menjadi semakin berdaya saing, kreatif, dan mandiri dalam pemasaran dan kreasi konten digital.

Dalam sambutannya, Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com menyoroti dukungan penuh tiket.com terhadap pemulihan industri pariwisata Indonesia, terutama berfokus pada destinasi Likupang, sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) sebagai ‘the new Bali’ oleh Pemerintah Indonesia.

“Proses pemulihan pariwisata tengah berada di titik terang. Dengan dibukanya kembali koridor pariwisata, maka tiket.com siap mendukung program gercep, geber, dan gaspol dari Kemenparekraf RI dengan jajaran kegiatan dan program menarik mendukung kampanye #DiIndonesiaAja dengan mempromosikan 5 Destinasi Super Prioritas (DSP), serta mendukung inisiatif InDOnesia Care dalam penerapan protokol kesehatan dan sertifikasi CHSE di destinasi wisata. tiket.com memiliki misi untuk menjadi jendela informasi bagi wisatawan lokal maupun asing yang ingin menjelajahi Indonesia, dan ini akan semakin membantu peluang percepatan pertumbuhan industri pariwisata. Kami berharap kegiatan ini menjadi ajang interaksi dan komunikasi bermanfaat di mana para rekan pemiliki bisnis sektor pariwisata dapat bertukar aspirasi demi mencari solusi bijak bersama-sama,” ungkap Gaery.

Dalam sesi Coaching Clinic Business Accommodation (Hotels & Homes), Rajasa Hadisoemarto, Area Manager East Indonesia, tiket.com memaparkan bahwa TOP 5 area transaksi terbesar tiket.com berasal dari Jakarta, Bali, Jawa Barat, Sumatera, dan Jawa Timur. Tidak hanya itu saja, kinerja tiket.com pun hampir menyamai level 2019. Sejak pandemi hingga saat ini, program sertifikasi tiket CLEAN menjadi salah satu upaya nyata tiket.com untuk mendorong transaksi di berbagai akomodasi di Indonesia. Dari 22.000+ hotel yang terdaftar di tiket.com, 82% pun telah tersertifikasi tiket CLEAN.

“Kampanye tiket.com juga berfokus pada mendukung kebangkitan pariwisata domestik, dengan terus memperkaya mitra-mitra hotel serta mitra pelaku pariwisata di area Indonesia Timur, sehingga semakin menjadi daya tarik menyeluruh baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu cara lain dengan membuatkan kampanye untuk mitra hotel khusus di Indonesia Timur dengan diskon hotel di Indonesia Timur. Sobat Tiket dapat jelajahi Timur Indonesia, di antaranya Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Papua, Maluku Utara dan Kepulauan Maluku. Bagi yang berencana melakukan perjalanan ke daerah tersebut, bisa menikmati diskon hingga 40% hingga Rp300,000 dengan menggunakan kode promo INDONESIATIMUR.” ujarRajasa.

Lalu, Wildan Andika, Senior Market Manager, tiket Homes, juga memaparkan bahwa semenjak pandemi, 43,1% konsumen tiket.com memilih untuk menempati villa atau properti pribadi untuk terus menjaga keamanan dan kenyamanan ketika tengah berlibur sejenak. “Dengan 21+ juta angka unduh aplikasi tiket.com serta tingginya angka kunjungan situs setiap hari, tiket Homes merupakan vertikal sempurna bagi pemilik homestay, apartment, villa, vacation home, glamping, dan camping ground serta akomodasi unik lainnya, untuk mempromosikan berbagai jenis akomodasi bagi pengguna fitur tiket Homes yang 75%-nya terdiri dari keluarga. tiket Homes pun menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya adat, wisata kultur, belanja karya kerajinan lokal, local sightseeing, cultural experience, dan tentu saja, play and attraction”.

Sesi Coaching Clinic berikutnya pun membahas secara spesifik mengenai destinasi wisata, di mana Danny Wilson Peraji, Market Manager Tour & Attraction, tiket.com menegaskan peran tiket To Do bagi para operator tempat wisata. “Tiket To Do, sebagai salah satu produk  terbaru dan tersukses dari tiket.com di tahun 2020 dan 2021, tercipta sebagai jembatan antara tempat wisata dengan konsumen berpotensi. tiket To Do diluncurkan khusus untuk menawarkan berbagai atraksi dan hiburan di seluruh Indonesia, baik berupa events, playground, beauty & wellness, mitra tour & travel, dan masih banyak lagi. Tidak berhenti sampai di situ saja, tiket To Do pun memanfaatkan SEO dan SEM dalam memasarkan produk tiket To Do, sehingga traffic ke situs tiket.com pun semakin optimal dan tinggi”.

Secara khusus, Likupang memiliki jajaran potensi unggulan yang sangat menarik dan bernilai lebih. Potensi pendapatan pariwisata pun sangat menjanjikan bagi para pelaku wisata dari perhotelan, tempat wisata, serta penyedia akomodasi. Kiat strategis untuk mengakselerasi angka kunjungan adalah dengan menjalankan inisiatif dari Kemenparekraf RI, yaitu InDOnesia CARE (sertifikasi CHSE), tiket CLEAN, serta bergabung menjadi salah satu daftar produk di dalam vertikal tiket.com.

Saat ini, keunggulan geo-ekonomi bertumpu pada lokasi Likupang Timur di Kabupaten Minahasa Utara memiliki orientasi geografis wilayah berdekatan dengan Bandara Internasional Sam Ratulangi dan pelabuhan Bitung dan keunggulan geostrategis wilayah yang dimiliki Likupang yaitu sektor pariwisata dengan tema resort dan wisata budaya. Tema tersebut pun cocok karena kawasan sekitar yang memiliki pantai nan indah.

“Ini merupakan saat yang tepat untuk bergabung menjadi mitra tiket.com. Terlebih lagi karena koridor pariwisata internasional mulai perlahan-lahan kembali dibuka dan travelling era paska vaksinasi pun mulai semakin gencar dilakukan. Dalam kapasitasnya, tiket.com, sebagai pionir OTA di Indonesia, semakin mempermudah proses pengambilan keputusan bagi para turis karena segala kebutuhan dan perlengkapan perjalanan pun bisa terpenuhi cukup melalui tiket.com. Mulai dari pilihan akomodasi, hotel, hingga tempat wisata berlabel CHSE dan tiket CLEAN, kemudian juga memilih berbagai kegiatan pelengkap perjalanan di tiket To Do sehingga perjalanan dapat terencana sesuai ekspektasi dengan tetap aman dan nyaman,” tutup Gaery.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *