Barru Kaya akan Sumber Daya Alam

  • Whatsapp
Barru Kaya akan Sumber Daya Alam
Kadis Kominfo Kabupaten Barru, Syamsuddin S.IP MSi

BARRU,PAREPOS.CO.ID– Kabupaten Barru dinilai paling berpeluang untuk pengembangan investasi atau maksimal sebagai daerah laboratorium pengujian. Pasalnya, daerah ini memiliki sumber daya alam (SDA) yang begitu melimpah baik emas, batu bara dan hasil tambang lainnya. Akan tetapi, keberadaan SDA tersebut belum terukur dan diketahui baik dari segi jumlah atau besarnya deposit yang terukur. Hal itu dijelaskan, Kadis Kominfo Kabupaten Barru, Syamsuddin S.IP MSi saat berbincang santai dengan Direktur Harian PAREPOS, Drs H Mappiar HS MSi di Warkop Heppynes, Rabu, 24 November 2021.

Mantan Kepala Dispenda itu menceritakan tentang berbagai hal terkait pengelolaan pertambangan selama ini. “Iya, pengelolaan pertambangan di beberapa wilayah di Kabupaten Barru, belum berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah (PAD),”ujarnya. Bahkan, lanjutnya, pengalamannya banyak pelaku pertambangan itu kerap ‘bermain’ untuk mendapatkan keuntungan besar. Contoh, saat menjabat di dispenda pernah menghentikan aktivitas pertambangan di Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi. Persoalannya, pendapatan kedaerah sangat minim. Akan tetapi setelah melihat kondisi yang ada, maka pemerintah bertindak cepat dengan melakukan MoU dengan pihak perusahaan penerima hasil tambang, salah satunya PT Semen Tonasa. “Alhamdulilah, hasilnya ada sampai saat ini dimana bocoran mampu kita minimalisir,”jelasnya.

Bacaan Lainnya

Syamsuddin mengakui, bahan baku semen berupa tanah clay, pasir besi, silika itu ada di Kabupaten Barru. Dan dari hasil MoU dengan PT Semen Tonasa, besaran SDA yang dikeruk dapat terpantau sesuai hasil laboratorium. “Ada dua wilayah kecamatan yakni Mallusetasi dan Pujananti. SDA pertambangannya cukup besar,”jelasnya. Lebih jauh, sambil keduanya menyeruput, Syamsuddin menambahkan bukan hanya itu. Potensi perkebunan juga sangat besar di daerahnya.(mad/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *