Tim Pusat Kabupaten Sehat Verifikasi Soppeng

  • Whatsapp
Tim Pusat Kabupaten Sehat Verifikasi Soppeng

SOPPENG, PAREPOS.CO.ID — Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng, H Andi Tenri Sessu menyambut kedatangan tim verifikasi nasional kabupaten/ kota sehat, di Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng, Jumat malam 8 Oktober.

Tim verifikasi nasional kabupaten/ kota sehat terdiri Trisno Subarkah dari Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Anita (Direktorat Kesehatan Jiwa Kemenkes), Fitriyani (Perwakilan Kementerian Perhubungan) dengan didampingi oleh Dinas Kesehatan dan Bappeda Provinsi Sulsel

Sekda Soppeng, Andi Tenri Sessu dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim verifikasi nasional kabupaten/kota sehat atas perkenan berkunjung dan melakukan kegiatan verifikasi penyelenggaraan program Kabupaten Sehat di Wanua Latemmamala.

Dia berharap ini menjadi awal yang baik untuk membangun hubungan jangka panjang khususnya dalam bidang kesehatan di Kabupaten Soppeng.

Andi Tenri Sessu mengatakan, Kabupaten Soppeng tahun 2021 ini menyelenggarakan enam tatanan yang dikembangkan sesuai dengan potensi dan dinamisasi kehidupan masyarakat Kabupaten Soppeng. Terdiri dari tatanan sarana dan prasarana umum sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, tatanan industri dan perkantoran sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan pariwisata sehat dan tatanan sosial sehat.

” Selain ke enam tatanan tersebut, program kabupaten sehat tahun ini juga ditambah dengan kegiatan pengendalian Covid-19,” ungkap Andi Tenri Sessu.

Ketua Tim Verifikasi Nasional Kabupaten/ Kota Sehat, Trisno Subarkah mengatakan, mulai malam ini akan mulai menverifikasi dan langsung menuju ke sekretariat karena kami berpacu dengan waktu, dan besok (hari ini) tinggal melakukan lokus saja.

Dia juga memberikan apresiasi kepada Kabupaten Soppeng yang ternyata dapat sampai pada hari ini. Dimana sebelumnya sebanyak 250 kabupaten/ kota yang mengajukan pengusulan ke pembina pusat. Namun hasil seleksi pertama tersisa 155 kabupaten/ kota, yang banyak tersandung karena open Defecasion Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

” Selanjutnya dilakukan bedah dokumen oleh tim pusat sehingga tersisa 36 Kabupaten/ Kota, salah satunya adalah Kabupaten Soppeng. Semoga verifikasi lapangan ini akan melengkapi Kabupaten Soppeng dapat meraih penghargaan Kabupaten Sehat,” kata Trisno Subarkah.

Sementara Ketua Forum Kabupaten Soppeng Sehat, H Andi Rusli Razak dihadapan tim verifikasi nasional melakukan
ekspose dan menjelaskan profil Kabupaten Soppeng dengan penyesuaian misi pembangunan daerah tahun 2021-2026 dengan program kabupaten sehat. (wis/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *