Peringati HDKD Kemenkumham, Rutan Pinrang Gelar Baksos

  • Whatsapp
Peringati HDKD Kemenkumham, Rutan Pinrang Gelar Baksos

PINRANG, PAREPOS.CO.ID — Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang menggelar kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, Kamis 21 Oktober 2021.

Kegiatan baksos Rutan Pinrang tersebut meliputi kegiatan donor darah dan Kumham Peduli Kumham Berbagi,

Bacaan Lainnya

Kegiatan donor darah dilakukan atas kerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lasinrang Pinrang yang berlangsung di Pelataran Kunjungan Rutan Pinrang, yang diikuti 27 orang terdiri dari pegawai Dharma Wanita Rutan Pinrang.

Dari 27 orang, 24 di antaranya berhasil dilakukan transfusi darah dan 3 orang gagal ditransfusi karena riwayat hipertensi.

Kepala Rutan Kelas IIB Pinrang, Wahyu Trah Utomo menyampaikan, bakti sosial ini merupakan rangkaian peringatan HDKD tahun 2021 yang diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Kemenkumham di seluruh Indonesia.

“Melalui donor darah ini diharapkan empati sosial pegawai Rutan Pinrang dapat terbangun, sikap solidaritas dalam kemanusiaan adalah salah satu value Kemenkumham yang semakin PASTI untuk wajib diimplementasikan,” ujarnya.

Sementara, Kumham Peduli Kumham Berbagi sebanyak 25 paket New Normal dibagikan kepada Puskesmas Mattiro Bulu dan Puskesmas Salo, yang berisikan perlengkapan medis seperti masker, hand sanitizer, handscoon dan vitamin. Paket ini diserahkan langsung oleh Kepala Sub Seksi Pengelolaan, Rusli bersama Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Rusdin kepada dua Puskesmas tersebut.

“Alhamdulillah total donasi yang terkumpul Rp 4.100.000, yang merupakan partisipasi ikhlas dari seluruh Pegawai melalui Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Rutan Pinrang. Kami tidak lihat besar kecilnya, tetapi kesadaran sosial itulah yang kami apresiasi dari seluruh jajaran karena besedia memberikan donasi pada program Kumham Peduli Kumham Berbagi,” bebernya.

Wahyu menambahkan, paket bagi nakes tersebut sengaja diberikan sebagai wujud apresiasi Kemenkumham kepada para nakes. “Kami beranggapan pandemi ini belum berakhir. Tangan-tangan dingin para Petugas medis masih dibutuhkan untuk merawat saudara-saudara kita yang terpapar Covid-19. Oleh karena itu, Kemenkumham selalu hadir memberikan dukungan untuk itu,” tandasnya. (nan/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *