Parepare Juara 1 Pemilihan Duta Lingkungan Hidup se-Sulsel

  • Whatsapp
Parepare Juara 1 Pemilihan Duta Lingkungan Hidup se-Sulsel
Kabid Penataan & Peningkatan Lingkungan DLH Parepare, Jenamar Aslan, Swafoto Bersama Juara I Duta Lingkungan Hidup Sulsel Fajri & Arianti

MAKASSAR, PAREPOS.CO.ID – Prestasi tingkat regional kembali diraih Kota Parepare. Kini Parepare menjadi yang terbaik di ajang Pemilihan Duta Lingkungan Hidup tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2021.

Itu setelah putra dan putri Duta Lingkungan Hidup Kota Parepare atas nama Muhammad Fajhriyadi Hastira dan Arianti berhasil menyabet pemenang juara 1 putra dan putri pada Pemilihan Duta Lingkungan Hidup se-Sulawesi Selatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Duta Lingkungan Hidup (Ikadah) Sulsel bekerja sama dengan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Sulsel, di Hotel Grand Puri Makassar, Sabtu 30 Oktober 2021

Bacaan Lainnya

Pemilhan Duta Lingkungan Sulsel ini dilaksanakan di Makassar selama 3 hari mulai 28 sampai 30 Oktober 2021. Dan acara puncak grand finalnya diadakan di Hotel Grand Puri Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar.

Duta Lingkungan Hidup sebagai putra putri yang dipilih dalam mengkampanyekan dan menjadi motivator serta penggerak dalam pelestarian lingkungan. Kegiatan ini merupakan edisi ketiga penyelenggaraan kontes pencarian pemuda pemudi cerdas, memotivasi, inspiratif, nasionalis, dan kepemudaan.

Duta Lingkungan Hidup Sulsel 2021 merupakan pageants Pariwisata, Budaya, Pendidikan, Lingkungan Hidup dan Sosial pertama di Sulawesi Selatan yang berskala Provinsi.

Kegiatan ini mulai berlangsung 28 Oktober 2021 lalu di mana peserta lebih dari 30 putra dan putri yang direkomendasikan dari Kabupaten Kota se-Sulsel dan juga ada dari peserta melalui jalur umum. Tahapan pelaksanaan dimulai dari para peserta yang sudah dikarantina mengikuti technical meeting dan talkshow serta talent show dan juga ada penilaian kreativitas custom daur ulang.

Beberapa penilaian yang diterapkan pada Pemilihan Duta Lingkungan ini di antaranya adalah peserta memiliki wawasan terhadap
3 R (reduce, reuse, recycle) dengan indikator utamanya, Perubahan iklim dan dampaknya, Pemahaman tentang limbah dan bahan berbahaya beracun, Pemahaman tentang pencemaran dan kerusakan lingkungan, Pemahaman tentang regulasi lingkungan serta Pemahaman tentang lingkungan secara umum.

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare, Jenamar Aslan mengatakan kedua putra dan putri asal Parepare ini telah mendapatkan rekomendasi dari DLH Parepare pada 20 Agustus 2021. “Fajhri dan Arianti kami pilih untuk mewakili Kota Parepare pada ajang ini karena dianggap mampu untuk berkompetisi pada tingkat Provinsi,” ungkap Jenamar.

Jenamar mengemukakan, selama 2 bulan terakhir keduanya diberikan pembibingan secara mendalam terkait edukasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. “Banyak pertemuan kegiatan sosialisasi pengelolaan lingkungan serta praktik pengelolaan sampah kami libatkan, dan mereka juga menjadi ikon pada Hari Bersih Bersih Sedunia yang diadakan di Kota Parepare bulan lalu,” terang Jenamar.

Tak hanya itu, Komunitas Peduli Lingkungan Kota Parepare yakni Badan lingkungan Hidup Pemuda Pancasila juga membantu mereka untuk dilibatkan pada kegiatan kepedulian lingkungan BLH PP Parepare bebrapa waktu lalu.

Pemenang Pemilihan Duta Lingkungan Sulsel asal Parepare Muhammad Fajhriyadi Hastira dan Arianti yang kini mengenyam pendidikan di bangku kuliah Universitas Hasanuddin Makassar menyampaikan terima kasih yang sebesarnya pada semua pihak. “Terutama DLH Parepare serta para Komunitas Peduli Lingkungan di Parepare yang sangat membantu membimbing dan memberikan kontribusi dalam bentuk perlibatan partisipasi dan peran serta dalam memberikan edukasi dan mendorong kepedulian masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup,” kata Arianti.

“Dan juga penghargaan ini tentunya sangat berharga bagi kami. Akan memberikan kami motivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi apabila ada ajang di tingkat lebih tinggi dan yang paling terutama adalah Duta Lingkungan menjadi ikon kepedulian masyarakat terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” sambung Fajri, sapaan pemenang Duta Lingkungan Hidup Sulsel 2021 ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *