Panen Padi di Panaikang, Bupati Pangkep: Pemerintah Sangat Peduli ke Petani

  • Whatsapp
Panen Padi di Panaikang, Bupati Pangkep: Pemerintah Sangat Peduli ke Petani
Bupati Pangkep saat memberikan sambutan di acara panen padi di Kampung Biring Ere, Desa Panaikang

PANGKEP,PAREPOS.CO.ID — Bupati Kabupaten Pangkep, HM Yusran Lalogau menghadiri panen raya padi di Kampung Biring Ere, Desa Panaikang, Sabtu, 23 Oktober, pagi tadi. Dalam kegiatan itu, Bupati memberikan apresiasi kepada dinas pertanian, penyuluh dan petani atas kerja kerasnya sehingga panen ini dapat dilakukan.

Pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, kata Bupati, sangat peduli terhadap pertanian. Kepedulian itu dibuktikan melalui pemberian bantuan alsintan, perbaikan pengairan, bantuan pupuk dan bibit. Perhatian dan bantuan itu dengan harapan meningkatkan produksi pertanian.

Bacaan Lainnya

Peningkatan produksi yang dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan petani. “Kalau produksi pertanian meningkat, tentu itu akan sejalan dengan kesejahteraan petani kita,”katanya. Diakuinya, Pangkep memang memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Potensi ini diharapkan dapat dikelola dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala Desa Panaikang, HM Arief Tahir mengatakan, lokasi panen ini merupakan satu-satunya titik di Pangkep dengan luas lahan 180 Ha yang dapat menghasilkan IP 300. Maka, kedepan diharapkan produksi ini dapat meningkat.

Sebab, varietas IP 400 berpotensi untuk dikembangkan. Ditambah lagi, dengan akan diadakannya sumur bor pompa air untuk pengairan sawah. Warga Desa Panaikan, kata Arief, memang mayoritas petani. Olehnya itu, melalui sektor pertanian ini kiranya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Agar pertanian terus meningkat, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah khususnya dinas pertanian. “Memang, penduduk disini mata pencahariannya mayoritas pertanian. Kita harapkan, pertanian meningkat, kesejahteraan petani juga meningkat,”katanya. Padi yang ditanam varietas inpari 42, Invari 32, Mekongga, dengan hasil pengambilan ubinan sebesar 5,8 kg padi kering panen dengan produksi 8,28 ton /Ha.(ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *