Mantan Ketua PN Pinrang, H Abdul Samad Bonang Berpulang

  • Whatsapp
Mantan Ketua PN Pinrang, H Abdul Samad Bonang Berpulang
Alm H Abdul Samad Bonang SH

POLMAN, PAREPOS.CO.ID–Mantan Ketua Pengadilan Negeri Pinrang, H Abdul Samad Bonang SH, meninggal dunia di usia 77 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir pada, Ahad 10 Oktober, malam sekitar pukul 22.15 WIB di Rumah Sakit Kramat Jati, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Almarhum meninggalkan seorang istri Hj Hasnah Kaliman dengan 8 anak dan puluhan cucu.

Mantan Ketua PN Pinrang, H Abdul Samad Bonang Berpulang
Almarhum (kopiah) semasa hidup bersama Bupati Luwuk Banggai dan Wakil Bupati Polewali Mandar

Kabar duka itu diungkapkan, putra keempatnya, H Syahbuddin SH. ” Iya, bapak meninggal sekitar pukul 22.15 WIB karena sakit. Hari ini, kami sedang mengurus keberangkatan jenazah untuk bisa dikebumikan di kampung halaman di Lawarang, Desa Lekopadis, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kemungkinan pukul 11.00 WIB akan berangkat dari Bandara Sorkarno Hatta,”ungkap putra almarhum H Syahbuddin SH, Senin, 11 Oktober, pagi ini.

Bacaan Lainnya

Almarhum selain pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Pinrang, juga pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah, Hakim di Pengadilan Selayar dan Kota Parepare.”Rencana dikebumikan di Lawarang,”ujar H Syahbuddin yang juga merupakan Hakim di Pengadilan Tinggi Provinsi Sulawesi Selatan dan mantan Ketua Pengadilan Negeri Tolo-toli, Sulawesi Tengah.

Mengawali karir sebagai CPNS di bidang hukum di Pengadilan Negeri Polewali, H Abdul Samad Bonang SH diangkat sebagai hakim di Pengadilan Negeri Selayar, lanjut di Pengadilan Negeri Kota Parepare Sulawesi Selatan. Setelah itu, ia berpindah ke Pengadilan Negeri Luwuk Banggai hingga menjabat Wakil dan Ketua Pengadilan Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah. Jelang masa jabatannya berakhir sekitar tahun 2007 pindah ke Pengadilan Negeri Pinrang, Sulawesi Selatan hingga pensiun. Selama pensiun, almarhum aktif dikegiatan keagamaan di kampung halamannya.(*/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *