Longsor Isolasi Tiga Desa di Kabupaten Pinrang

  • Whatsapp
Longsor Isolasi Tiga Desa di Kabupaten Pinrang
Bencana alam longsor di Desa Ulusaddang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, pada Minggu, 3 Oktober sekira pukul 17.00 Wita
PINRANG, PAREPOS.CO.ID– Bencana longsor kembali melanda wilayah di Kabupaten Pinrang, Ahad, 3 Oktober lalu, tepatnya di Kampung Kalorang, Dusun Batara Malong, Desa Ulusaddang, Kecamatan Lembang Kejadian sekitar 17.00 Wita, akibat curah hujan yang tinggi di Desa Ulusaddang. Akibat longsor ini, tiga desa terisolir yakni Desa Bakaru, Kariango dan Basseang. Pemerintah melalui Dinas PUPR Kabupaten Pinrang, sejak Senin 4 Oktober, sudah membersihkan material longsor dengan menggunakan alat berat.
Semua alat berat yang digunakan adalah milik PLTA Bakaru, dalam membuka akses jalan. Kapolsek Lembang Polres Pinrang, Iptu Bakri mengatakan pihaknya langsung mendatangi lokasi saat mengetahui informasi tersebut. “Muspika Kecamatan Lembang terjun langsung ke Desa Ulusaddang untuk melakukan penanganan,” kata Iptu Bakri saat dikonfirmasi.
Ia menuturkan, akses jalanan poros Bakaru sudah tertutup dengan material longsor.  “Betul-betul jalanan sudah tertutup dengan ketinggian 5 meter lebih. Di mana material longsor menutup jalanan,” terangnya. Ia menuturkan saat ini sudah ada penanganan dari pihak PLTA BAkaru dengan menurunkan alat berat.  Lebih lanjut, Iptu Bakri mengatakan longsor terjadi bukan hanya karena intensitas hujan yang tinggi. Namun, juga dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat yang menanam jagung di bukit. Ia pun mengimbau agar masyarakat mempunyai kesadaran untuk tidak lagi menanam jagung di atas bukti.  Hal itu karena longsor dengan mudah terjadi. “Longsor ini terjadi karena ada masyarakat yang menanam jagung di bukit,” terangnya.(mnr/C)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *