Komitmen Wali Kota Parepare Berbuah Penghargaan APE 2020

  • Whatsapp
Komitmen Wali Kota Parepare Berbuah Penghargaan APE 2020
Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe SH MH bersama Ketua TP PKK Parepare, Hj Erna Rasyid

PAREPARE, PAREPOS.CO.ID–Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memberikan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 kepada 13 Kementerian/Lembaga (K/L), 29 Provinsi, dan 266 Kabupaten/Kota sebagai bentuk apresiasi kepada K/L dan Pemerintah Daerah yang telah peduli dan berkomitmen, serta berhasil mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) di dalam program dan kegiatannya.

Pemberian Penghargaan APE Tahun 2020 hari ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW) ke-4, dimana Indonesia menjadi tuan rumah. Hal ini merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia dan diharapkan praktek-praktek baik dalam pelaksanaan PUG di Indonesia, dapat menjadi sarana pembelajaran bersama di antara negara-negara ASEAN untuk turut meningkatkan kualitas pelaksanaan PUG di Indonesia ke depan.

Bacaan Lainnya

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 dilakukan secara serentak yang dibuka oleh Menteri PPPA, Bintang Puspayoga secara virtual. Kegiatan itu pun diikuti Pemerintah Kota Parepare yang dipusatkan di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu, 13 Oktober, yang
dihadiri Wakil Wali kota Parepare H Pangerang Rahim didampingi Plt Asisten Administrasi Umum Kota Parepare, Eko Wahyu Ariyadi, dan Kepala DP3A Kota Parepare Hj Andi Rusia dan sejumlah pejabat struktural lingkup Kota Parepare.

Penghargaan APE terbagi empat Kategori yaitu, Pratama, madya, utama dan yang tertinggi mentor. Pemerintah Kota Parepare sendiri berhasil meraih kategori utama, yang notabene naik satu tingkat dari kategori sebelumnya yaitu madya. Hal ini tak lepas dari kinerja SKPD Penggerak dari DP3A Kota parepare, Bappeda, BKD dan Inspektorat. Dan terkhusus komitmen Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang berbuah capaian penghargaan.

Kepala DPPA Kota Parepare, Hj Andi Rusia mengatakan, Kota Parepare meraih penghargaan APE tahun 2020 untuk kategori utama. Jadi, kata dia,sebelumnya Parepare mendapat kategori madya, dan naik setingkat menjadi utama, dan satu lagi di atasnya yang tertinggi yaitu kategori mentor. Ia pun menyebut, tujuannya penghargaan APE ini, bagaimana memberdayakan pengarustamaan gender di kabupaten\kota, dan bagaimana mengaktifkan kegiatan-kegiatan dari berbagai SKPD. “Capaian ini kita dapat dari seluruh SKPD terkait, lembaga masyarakat, media, organisasi kemasyarakatan yang secara terintegrasi dan atas bimbingan dari wali kota Parepare,” ujarnya.

Terpisah, Ketua TP PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menyampaikan apresiasinya kepada Pemkot Parepare terkhusus SKPD penggerak. “Saya tentunya sangat mengapresiasi SKPD, terkait masalah ini karena sudah memperlihatkan kinerja yang sungguh-sungguh dan tulus sehingga mendapatkan hasil yang luar biasa dengan raihan APE kategori utama ini,” ucapnya.

Adapun proses pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan strategi PUG di K/L dan Pemda sendiri, dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator yang dapat mengukur pelaksanaan PUG, dengan melihat aspek kelembagaan dan implementasi dari 7 (tujuh) prasyarat PUG.(ana/B)

 

 

(ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *