Kemenparekraf Raih Predikat Badan Publik Informatif di Anugerah KIP 2021

  • Whatsapp

PAREPARE,PAREPOS.CO.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meraih predikat Badan Publik Informatif dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 yang diinisiasi Komisi Informasi Pusat (KIP). Penetapan tersebut didasarkan atas monitoring dan evaluasi yang dilakukan terhadap empat indikator penilaian, yakni Indikator Pengembangan Website, Indikator Pengumuman Informasi Publik, Indikator Pelayanan Informasi Publik, dan Indikator Penyediaan Informasi Publik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataanya di Jakarta, Selasa, 26 Oktober 2021, mengatakan, selain fokus meningkatkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf juga konsisten mendukung keterbukaan informasi publik sebagai wujud transparansi dalam pelayanan bagi masyarakat. “Selama 1,5 tahun terakhir, kita berjuang bersama melawan pandemi covid-19 yang memberikan dampak luar biasa, termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Namun kita harus optimis dan semangat untuk bangkit. Diharapkan hal ini akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, menggerakan ekonomi nasional dan turut mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Bacaan Lainnya

Peningkatan pelayanan informasi publik dilakukan di berbagai platform digital yang dimiliki dengan mengutamakan kecepatan dan ketepatan mendapatkan informasi publik yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Layanan tersebut dapat diakses melalui: Chatbot, Contact Center, Media Sosial, Website www.kemenparekraf.go.id, Microsite pedulicovid19.kemenparekraf.go.id, Microsite ppid.kemenparekraf.go.id, Aplikasi community hub yang melibatkan teman-teman komunitas parekraf, Wonderful Images, Pesona E-Magz dalam menyajikan informasi kepada masyarakat.

Kemenpareraf/Baparekraf selaku Badan publik yang dinilai juga harus membuat video presentasi dan menghadiri presentasi keterbukaan informasi publik yang diuji oleh tim penilai Komisi Informasi Pusat pada tanggal 14 Oktober 2021. Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 dilaksanakan secara daring pada Selasa, 26 Oktober 2021. Pemberian Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak K.H. Ma’ruf Amin secara daring kepada Sesmen/Sestama Kemenparekraf/Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, didampingi Plt. Kepala Biro Komunikasi Cecep Rukendi dan Tim PPID Kemenparekraf/Baparekraf.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani menambahkan, layananan informasi menjadi hal penting bagi seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif. Terutama dalam upaya bersama menghadapi dampak dari pandemi COVID-19 terhadap sektor parekraf. “Keterbukaan informasi dan data merupakan hal penting sehingga kita bisa memetakan rencana dan langkah dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf Cecep Rukendi menjelaskan, penghargaan ini menjadi motivasi bagi Kemenparekraf untuk menerapkan akuntabilitas, transparansi, dan keterbukaan informasi kepada seluruh masyarakat. “Anugerah ini dihasilkan dari kinerja yang sungguh-sungguh dalam pelayanan publik. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan selama ini dapat dipertahankan dan lebih inovatif lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar katanya..

Sejak pertama kali ikut serta pada tahun 2019 dalam monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi badan publik, pada tahun 2021 ini untuk pertama kalinya Kemenparekraf/Baparekraf berhasil mendapatkan predikat “Informatif”. Kemenparekraf/Baparekraf mendapatkan nilai 98,10 dan menduduki posisi 3 besar dari seluruh kategori Kementerian. Nilai KIP Kemenparekraf/Baparekraf ini meningkat tajam dari tahun 2020 sebelumnya yang hanya meraih 89,36 dengan kategori Menuju Informatif.

Anugerah Keterbukaan informasi Publik diberikan kepada Badan Publik (BP) yang menerapkan dan menjalankan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat. Sebelumnya, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin meminta Komisi Informasi (KI) Pusat berkolaborasi bersama pemerintah untuk terus mengawal pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik di tanah air. Penyerahan anugerah terhadap hasil monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik di 337 Badan Publik yang terdiri dari beberapa kategori, yaitu Kementerian, Pemerintah Provinsi, Lembaga Negara, Lembaga Non Struktural, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negara, dan Partai Politik.

Wapres juga mengapresiasi KI Pusat yang telah mengawasi pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) terhadap Badan Publik demi untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggara negara. Disampaikannya bahwa KIP dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pemerintahan yang transparan. “Monev dapat meningkatkan kinerja BP sehingga saya sampaikan selamat BP yang telah mendapat anugerah Informatif,” katanya

Sementara Ketua KI Pusat Gede Narayana menyampaikan terimakasih atas dukungan Presiden dan Wakil Presiden RI yang sangat besar dalam upaya menyukseskan pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik di tanah air. mengingatkan agar BP yang sudah Informatif tidak cepat berpuas diri, justru terus jadikan pelaksanaan KIP sehingga menjadi budaya untuk tata kelola pemerintahan yang baik. “Seluruh stakeholders perlu terus gelorakan keterbukaan informasi publik, yang sudah informatif terus meningkatkan pelayanan keterbukaan informasi, sementara yang kurang Informatif dapat terus meningkatkan pelayanan agar menjadi Informatif,” katanya. Terima kasih atas segala arahan dan dukungan Bapak Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dan Ibu Wamenparekraf Ibu Angela Tanoesoedibjo sehingga Kemenparekraf/Baparekraf mendapatkan penghargaan prestisius sebagai Kementerian yang Informatif. Juga kepada seluruh jajaran pejabat dan pegawai Kemenparekraf/Baparekraf yang telah mendukung pelayanan informasi dan dokumentasi kepada masyarakat.(*/ade)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *