Kadisdikbud Tantang Desiminasi Pembelajaran Bahasa Daerah Lebih Menarik

  • Whatsapp
Kadisdikbud Tantang Desiminasi Pembelajaran Bahasa Daerah Lebih Menarik

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Parepare bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Parepare, Musyarawah Guru Mata Pelajaran Bahasa Daerah (MGMP) tingkat SMP, dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Bahasa Daerah tingkat SD menggelar Diseminasi Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah Bugis, di Balai Ainun Habibie, Jumat, 15 Oktober 2021.

Dalam kegiatan tersebut untuk mengeksplorasi kemampuan bahasa dan sastra guru, khususnya pada bidang puisi, mendongeng, dan pidato Bugis. Kepala Disdikbud kota Parepare, Arifuddin idris mengatakan sangat mengapresiasi komitmen dari KNPI sebagai generasi muda, dalam rangka membangun kebudayaan.

Menurutnya, salah satu yang perlu dijaga adalah bahasa daerah bugis. Ia pun melayangkan tantangan kepada pengurus KKG dan MGMP bahasa daerah untuk melakukan desiminasi pembelajaran bahasa daetah yang lebib inovatif. Seperti kata-kata bijak dalam bahasa daefah Bugis dapat dibuat dalam karya-karya kreatif yang bernilai ekonomi.

“Kita tahu di era perkembangan sekarang, ini bahasa daerah bugis harus dipertaruhkan di zaman saat ini. Dalam konteks bahwa kebutuhan anak anak bahasa bugis terabaikan, karena mereka hanya mengenali bahasa keseharian,” ungkapnya.

Ketua KNPI Parepare, Muhammad Ramdhan menyampaikan kolaborasi tersebut sebagai bentuk komitmen organisasi pemuda dengan pemerintah kota Parepare memajukan pembelajaran bahasa daerah.

“KNPI mendukung Parepare sebagai kota Habibie dalam mewujudkan sumber daya pemuda terbarukan. Terbarukan bukan hanya IPTEK, tetapi juga pemuda yang memiliki nilai agama dan budaya sebagai patron Habibie. Kami sangat terbuka untuk membangun upaya pelestarian bahasa dan satra Bugis,” tuturnya. Selain itu, kegiatan tersebut salah satu rangkaikan menyambut Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober mendatang. (ana/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *