Hari Santri, Ketua NU Parepare: Tanamkan Adab Sejak Dini

  • Whatsapp
Hari Santri, Ketua NU Parepare: Tanamkan Adab Sejak Dini

PAREPARE,PAREPOS.CO.ID– Beberapa pondok pesantren melaksanakan upacara peringatan Hari Santri Nasional 2021, yang jatuh setiap 22 Oktober 2021. Seperti halnya Pondok pesantren Zubdatul Asrar NU Kota Parepare bersama ITQ K.H Abd Hakim Lukman, ITQ K H Yusuf Hamza, dan Badan Otonom (Banom) NU, melaksanakan upacara, dipusatkan di lapangan pondok pesantren Lappa Anging, Kecamatan Bacukiki, Jumat 22 Oktober 2021.

Menjadi pembina upacara, Ketua Tanfidziah Nahdatul Ulama (NU) Kota Parepare, Dr K Hannani. Ia menyampaikan kepada santri santriwati, agar tetap beribadah dengan baik, dan mengikuti jejak baginda Rasulullah SAW. “Sesuai judulnya Ikhtiar Annahdia. Kita mengikuti sunnah nabi berdasarkan ahli sunnah wal jamaah,” tuturnya.

Bacaan Lainnya

Dilanjutkan, untuk menghindari paham ideologi yang merusak persatuan dan kesatuan NKRI, maka kata dia menanamkan cinta Yulhu Waton Minal Iman yaitu cinta negara bagian dari iman. Saat mengajarpun di pondok pesantren, katanya mengajarkan adab. Mengajarkan cara bersikap terhadap orang dewasa, guru, dan kiyai. “Jadi kita tanamkan anak-anak agar cinta kepada negaranya. Jangan sampai dia bangkit untuk merusak negaranya. Disamping dia beragama dia cinta negara juga. Makanya sejak dini anak-anak diajar shalawat, mencintai sesama, bagaimana menghargai sesama. Karena prinsip kita adab lebih tinggi daripada ilmu. Itu yang kita tanamkan,” jelasnya. (ana/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *