Dengan Aplikasi OSS dan SIPAMMASE, Layanan Perizinan di Barru Selesai 15 Menit

  • Whatsapp
Dengan Aplikasi OSS dan SIPAMMASE, Layanan Perizinan di Barru Selesai 15 Menit

BARRU,PAREPOS.CO.ID– Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si., didampingi Kadis DPMPTSP&TK, Syamsir S.IP.,melaunching Agen Perizinan Desa dan Kelurahan atau Aplikasi Online Single Subbission (OSS) dan Sistem Informasi Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Secara Elektronik (SIPAMMASE) Dinas DPMPTSP&TK Kabupaten Barru.

Launching aplikasi tersebut digelar di Ruang Basic Kantor Bupati Barru, pada Kamis (28/10/2021), dan diikuti oleh seluruh Kades dan Lurah se Kabupaten Barru melalui virtual.

Dalam sambutannya, Bupati Suardi Saleh menjelaskan, kondisi geografis dan jarak antara kantor DPMPTSP&TK dengan pengguna layanan atau pemohon izin masih menjadi salah satu kendala utama dalam pemberian layanan dan pengajuan permohonan perizinan.

Hal ini juga menyebabkan masih rendahnya tingkat pemahaman masyarakat mengenai informasi layanan dan cara mengakses layanan perizinan.

Menurutnya, dengan pelayanan yang masih terpusat pada kantor DPMPTSP&TK digedung MPP Masiga maka berdampak pada waktu, tenaga dan biaya untuk transportasi dan konsumsi akibat masyarakat menempuh perjalanan ke Ibukota Kabupaten.

“Kondisi tersebut menjadi perhatian Pemerintah Daerah untuk memberikan solusi yang lebih efektif dan efisien, sesuai Peraturan Pemerintah nomor 5 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan Berusahan Berbasis Risiko yang menjadi Peraturan Pelaksana dari Undang Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang membawa perubahan terhadap pengaturan perizinan berusaha”, terang Bupati dua periode ini.

Lebih lanjut Bupati menerangkan, untuk lebih memudahkan pelayanan perizinan, DPMPTSPTK telah memulai era digitalisasi pelayanan perizinan dengan sebuah komitmen percepatan perizinan berusaha melalui aplikasi Online Single Subbission (OSS) dan SIPAMMASE (Sistem Informasi Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Secara Elektronik).

“Untuk memudahkan akses layanan aplikasi tersebut maka dibentuk agen perizinan yang saat ini sudah dibentuk ditiap kecamatan, desa dan kelurahan. Dan dengan aplikasi itu, pengurusan perizinan hanya membutuhkan waktu 15 menit”, ujarnya.

Adapun manfaat dari agen perizinan ini adalah:

1. Mempermudah masyarakat mengakses pelayanan perizinan.
2. Mendekatkan pelayanan perizinan dan informasi layanan.
3. Mengurangi biaya dan waktu permohonan.
4. Memberikan edukasi pelayanan perizinan.

Bupati menambahkan, dengan keberadaan agen perizinan ini, diharapkan peningkatan legalitas usaha. Sehingga pelaku usaha dapat mengakses lembaga perbankan untuk meningkatkan permodalan usaha. Hadir dalam acara ini, Plt. Sekretaris DPMPTSPTK Ikhsan Haeruddin SSTP, M.Si, Camat se-Kabupaten Barru, para Kepala Desa dan Lurah se-Kabupten Barru, para agen perizinan Desa/Lurah se-Kabupaten Barru.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *