Buka PON XX Papua, Presiden Jokowi: Panggung Kesetaraan untuk Maju Bersama

  • Whatsapp
Buka PON XX Papua, Presiden Jokowi: Panggung Kesetaraan untuk Maju Bersama
Pembukaan PON XX Papua yang dihadiri Presiden RI, Joko Widodo

PAPUA,PAREPOS.CO.ID— Huwe foi. Onomi reimai. Wa wa wa. Salam olahraga! Sambutan Presiden Joko Widodo membahana saat membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 dikatakan Kepala Negara punya makna besar bagi seluruh rakyat Indonesia. PON Papua adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, dan panggung persaudaraan. “PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Presiden, malam tadi.

Bacaan Lainnya

Penyelenggaraan pesta olahraga terbesar Indonesia ini juga menggambarkan kemajuan Papua dan kesiapan infrastruktur di Tanah Papua. Masyarakatpun dikatakan Kepala Negara memperlihatkan kesiapan masyarakat menyelenggarakan acara besar dan untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional. “Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, darat, dan udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan sumber daya manusia Papua merupakan capaian-capaian lain Papua yang sangat membanggakan ini,” lanjutnya.

Pada kunjungannya ke tanah Cenderawasih, Presiden juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua. “Prestasi Anak muda Papua harus terus dipupuk dan kita kembangkan, prestasi atlet Papua seperti Lisa Rumbewas atlet angkat besi, Serafi Anelies Unani atletik, Franklin Ramses Burumi atletik, Boaz Solossa sepak bola, harus diikuti oleh anak muda anak muda Papua lainnya,” ungkap Presiden.

Selain di bidang olahraga, kreativitas di bidang musik seni dan budaya juga sangat membanggakan. Menurut Kepala Negara, lagu “Cuma Saya” dari MAC dan “Jang Ganggu” dari Shine of Black pasti akan diikuti oleh  karya-karya lain yang tidak kalah hebatnya oleh anak-anak muda Papua. Presiden pun mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa. “Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” tandasnya.

Pembukaan Aman

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memastikan pembukaan PON XX Papua berjalan aman di Stadiun Lukas Enembe, Sentani, Jayapura, malam tadi. “Ingat, saya titipkan tugas dan kehormatan di dada kalian. Laksanakan tugas dengan tulus, ikhlas serta berikan pengabdian terbaik kalian,” tegas Panglima TNI saat mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam Upacara pembukaan PON XX Papua.

Dalam keterangan tertulisnya disebutkan, perhelatan akbar ini dimulai pukul 19.00 WIT yang diawali laporan Ketua Umum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan sambutan Gubernur Papua Lukas Enembe, kemudian dilanjutkan pidato dari Presiden Joko Widodo sekaligus secara resmi membuka PON XX sekitar pukul 19.48 WIT.

Setelah parade atlet atau defile digelar dilanjutkan penampilan sejumlah artis ternama Indonesia mulai dari Tulus, Ruth Sahanaya, Nowela Elizabeth Auparay, Edo Kondologit, Trio Papua hingga Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Upacara pembukaan PON XX Papua 2021 ditutup dengan kegiatan penyalaan api Couldron dan sejumlah kembang api juga mengudara diatas jembatan Merah Putih kebanggaan warga Papua, disaksikan antusias warga.

Disamping itu sebelum kegiatan dimulai, Panglima TNI memastikan kembali untuk keamanan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dengan memerintahkan setiap aparat yang bertugas untuk fokus mendukung suksesnya PON XX Papua.(*/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *