Tingkatkan Kualitas Pelayanan, RSUD Andi Makkasau Miliki MRI 1.5 Tesla

  • Whatsapp
Tingkatkan Kualitas Pelayanan, RSUD Andi Makkasau Miliki MRI 1.5 Tesla
Direktur RSUD Andi Makkasau, dr.Renny Anggraeny Sari

PAREPARE, PAREPOS.CO.ID — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare terus meningkatkan kelengkapan peralatan medis yang canggih, dalam menunjang setiap pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Rumah sakit rujukan yang terletak di jalan Nurussamawati, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat ini, memiliki alat penunjang pemeriksaan dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1.5 Tesla.

Bacaan Lainnya

Direktur RSUD Andi Makkasau, Dokter Renny Anggraeni Sari mengatakan, MRI merupakan pemeriksaan organ dalam tubuh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio. “Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil gambar organ, tulang, dan jaringan di dalam tubuh secara rinci dan mendalam. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai alat bantu diagnosis untuk dokter,” terangnya, Selasa 26 Oktober 2021.

Renny menjelaskan, MRI sering dilakukan dan berkaitan dengan pemeriksaan terhadap fungsi otak, saraf tulang belakang, jantung, pembuluh darah, tulang, sendi, jaringan lunak, dan organ-organ tubuh lainnya. “Pemeriksaan organ tubuh melalui prosedur MRI sering dianggap sebagai cara yang lebih aman. Sebab, berbeda dengan foto rontgen atau CT scan, pemeriksaan dengan MRI tidak memancarkan radiasi, sehingga cukup aman untuk dilakukan pada ibu hamil sekalipun,” jelasnya.

Pada Paparannya, prosedur MRI bisa dilakukan terhadap sejumlah organ tubuh tertentu, untuk mendeteksi kelainan atau gangguan kesehatan yang mungkin menyerang. “Ada berbagai organ yang biasanya diperiksa melalui MRI, di antaranya otak, saraf tulang belakang, jantung, pembuluh darah, tulang dan sendi,” ujarnya.

Renny juga menambahkan, pada pemeriksaan MRI bisa dilakukan untuk memeriksa keberadaan tumor atau kelainan dari banyak organ di dalam tubuh yang meliputi saluran empedu, ginjal, hati, limpa, pankreas, rahim, ovarium, serta prostat. “Untuk saat ini pelayanan MRI di RSUD Andi Makkasau Parepare sudah dapat dilaksanakan bagi peserta BPJS maupun layanan pasien umum,” tandasnya.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe, dalam beberapa pertemuan juga terus menekankan kepada jajaran SKPD untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Termasuk layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau, yang merupakan rumah sakit rujukan di bagian Utara Sulawesi Selatan. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *