Layanan Paspor Imigrasi di Sidrap

  • Whatsapp
Layanan Paspor Imigrasi di Sidrap
Layanan imigrasi terkait pembuatan paspor di Sidrap

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Kantor Imigrasi Parepare meluncurkan layanan Eazy Passport di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel). Itu artinya, layanan paspor Imigrasi Parepare kini sudah bisa di Sidrap. Layanan itu berpusat di Kantor Dinas Penanaman Modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) Sidrap.

Kepala Divisi (Kadiv) Imigrasi Sulsel, Dodi Karnida mengatakan, layanan ini merupakan kebijakan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. “Kami kerja sama dengan Pemda Sidrap. Pemda yang memfasilitasi dan memobilisasi pemohonnya agar diberikan pelayanan paspor,” kata Dodi, Selasa 28 September.

Bacaan Lainnya

Karena itu, kata Dodi, masyarakat tak perlu lagi repot-repot ke Imigrasi Parepare untuk mengurus paspor. Layanan paspor ini murah dan mudah karena masyarakat Sidrap tak perlu lagi jauh-jauh datang ke Imigrasi Parepare,” ujar dia.

Maka dari itu, dia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sidrap, H Dollah Mando karena telah menyambut baik pelaksanaan eazy passport ini. Dia berharap, pelayanan tersebut terus berlanjut. “Kita berharap kedepannya bisa meningkatkan kerja sama ini dalam memberikan pelayanan yang nyaman kepada masyarakat,” ucapnya.

Dia menuturkan, program tersebut bisa dilakukan secara rutin. Dia bilang, pelayanan ini menyesuaikan dengan jumlah pemohon paspor. “Layanan ini bisa rutin, seperti saat ini sudah terdaftar 20 pemohon. Syukur-syukur ke depannya nanti, setelah terbuka kembali lalulintas internasional atau normal seperti biasa akan lebih banyak pemohon paspor seperti, haji, umrah atau perjalanan lainnya. Yang jelas kita selalu diarahkan pelayanan secara jemput bola seperti eazy passport. Ini untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Imigrasi Parepare, Arief Eka Riyanto menyebutkan, layanan eazy passport ini sudah tersebar di sejumlah daerah. “Layanan ini sudah ada di Kabupaten Wajo, Pinrang, Barru, Sidrap dan beberapa instansi,” kata Arief.

Arief mengaku siap memberikan layanan eazy passport jika ada Pemda atau instansi yang mengajukan permohonan.”Kami akan memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat,” ucapnya.

Walau begitu, kata dia, layanan ini terkadang terkendala masalah jaringan. Meski demikian, masalah itu sudah terakomodasi dengan kerja sama Pemkab Sidrap. “Itu bukan hambatan yang besar buat kami untuk memberikan pelayanan ini,” tutupnya. (ami/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *