Keseriusan  Wali Kota Wujudkan Parepare Industri Persepakbolaan di Sulsel

  • Whatsapp
Keseriusan  Wali Kota Wujudkan Parepare Industri Persepakbolaan di Sulsel

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE – Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe serius membenahi infrastruktur sepakbola.  Bagaimana tidak, visi misi Wali Kota Taufan Pawe membangun Kota Parepare sebagai kota industri tanpa cerobong asap dapat sejalan dengan industri persepakbolaan.

Pasca kunjungan CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin berkunjung dan memilih Stadion BJ Habibie Parepare sebagai home base  PSM Makassar selanjutnya, Pemkot Parepare mulai berbenah.

Bacaan Lainnya

Pada APBD Perubahan 2021 Kota Parepare, Wali Kota  kembali berkomitmen untuk merenovasi stadion.  Dia  menginginkan sarana dan prasarana sepakbola di Kota Parepare memenuhi standar yang ditetapkan. “Saya hanya mengatakan bahwa Pemkot Parepare berkomitmen kuat untuk mempersiapkan segala fasilitas-fasilitas, infrastruktur dan sarana-prasarana pendukung lainnya untuk melancarkan Parepare sebagai homebase PSM,” ujarnya.

Bukan hanya Stadion BJ Habibie, Lapangan Andi Makassau turut dibenahi agar euforia sepakbola terasa di Kota Parepare. “Kami juga sekarang ini tengah mempersiapkan untuk membangun, merenovasi besar lapangan alun-alun kota dengan kualitas rumput sesuai standar untuk menjadi tempat latihan PSM nantinya. Kami siapkan satu lapangan untuk pertandingan, dan satu lapangan untuk latihan yang memiliki kualitas rumput sesuai standar,” katanya.

Lapangan alun-alun Andi Makkasau Kota Parepare mulai direhab dengan nilai anggaran Rp1,9 miliar.  Rehabilitasi meliputi perbaikan saluran air, sehingga dapat mengurangi resiko air tergenang ketika hujan. “Elevasi lapangan juga kami naikkan dengan ketinggian sekitar 20-30 cm dari yang sudah ada saat ini,” ujar Wali Kota dua periode ini.

Untuk jenis rumput, kata dia, akan menggunakan Zoysia Matrella atau Rumput Manilla. Sama persis digunakan Stadion GBK Jakarta. Rumput ini memiliki elastisitas yang tinggi dan teksturnya halus dibandingkan jenis lainnya. Jenis rumput ini membuat bola bergulir dengan baik. “Jadi Pemerintah Kota Parepare berkomitmen kuat untuk menghadirkan dan tampil sebagai kota yang betul-betul menghadirkan stadion memenuhi standar,”  jelasnya.

Menurutnya, sebelum pengerjaan Dinas PUPR telah melakukan Pra-Construction Meeting dengan stakeholder olahraga yang ada di Parepare. “Seperti dari Askot PSSI, KONI, komunitas sepakbola, Pelatih Persipare dan masyarakat. Kita kumpulkan untuk menyerap masukannya,” pungkasnya. Beberapa waktu lalu, Managemen PSM Makassar telah meninjau kondisi Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare.
Dari hasil survei, CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengatakan basis Stadion Gelora BJ Habibie ini sangat mumpuni.

Sisa ada beberapa hal yang harus di update, contoh seperti lampu untuk digunakan main malam, rumput harus memenuhi standar, ruangan-ruangan dan lain sebagainya.
Appi mengungkapkan bahwa presentase Stadion Gelora BJ Habibie untuk menjadi homebase PSM sudah diatas 80 persen. “Dengan kondisi Stadion Gelora BJ Habibie seperti sekarang, presentase untuk menjadi home base PSM itu sudah diatas 80 persen. Kalau kompetisi tahun depan kita sudah bisa home away, dan bisa keluar dari persoalan pandemi. Maka Insya Allah kita bisa pakai stadion ini,” tandasnya.

“Kalau tahun depan sudah bisa home away, maka tim PSM akan kita bawa ke sini bersama Pak Wali,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *