DeFi Adalah Sistem Keuangan Menguntungkan yang Patut Anda Gunakan

  • Whatsapp
DeFi Adalah Sistem Keuangan Menguntungkan yang Patut Anda Gunakan

Apa itu DeFi? DeFi adalah bentuk sistem keuangan yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Tidak ada resiko amat besar yang akan didapatkan, sehingga Anda dapat langsung mengikuti trending di kalangan investor kripto yang satu ini. Namun, sebelum itu, ketahuilah beberapa fakta berikut yang dapat mempermudah penggunaannya.

  1. Mudah untuk Menjalankan Transaksi dan Investasi

Pengguna uang kripto tidak perlu merasa kesulitan lagi untuk mencari pengantara transaksi karena DeFi adalah sistem keuangan terbuka yang dijalankan dengan smart contact. Jenis yang satu ini sudah digunakan oleh platform mata uang kripto Ethereum, yang merupakan kripto terbaik setelah Bitcoin.

2. Terhindar dari Resiko Impermanent

APY yang ditawarkan oleh sistem tersebut memang tidak perlu diragukan lagi karena penawarannya cukup tinggi, yaitu di kisaran 600%. Jika melakukan deposito produk likuiditas kripto, Anda akan terhindar dari resiko impermanent yang membawa cukup banyak perubahan dan kerugian.

3. Keunggulan Berbeda pada Setiap Aset.

Keunggulan dari setiap aset memang memiliki perbedaannya sendiri, seperti Merlin Lab yang memiliki sistem pool cake maximizer, sehingga pengguna dapat mendepositokan aset dan menghasilkan hadiah berupa APY dengan presentasi mencapai 20%.

Namun, Anda tidak akan melakukan konservasi hadiah tersebut menjadi BTCB-BNB yang merupakan compound otomatis, melainkan menginvestasikan kembali CAKE pada kumpulannya yang memiliki APY lebih tinggi.

Sifatnya memang sangat dinamis, tergantung pada jumlah investasi yang ingin setiap orang tanamkan. Namun, keuntungan besar dan kemudahan yang diberikan oleh DeFi juga tidak terhindari dari sejumlah tantangan.

4. Harus Berada dalam Pengawasan.

Perlu diingat kembali bahwa DeFi adalah sistem keuangan kripto yang bisa diakses oleh siapa saja karena memiliki sifat terbuka, serta melayani transaksi dalam bentuk apa saja. Oleh karena itu, kegiatan investasi maupun transaksi yang terjadi, diharapkan selalu berada di bawah pengawasan.

DeFi memang memberikan keuntungan yang cukup memuaskan bagi investasi kripto, tetapi penggunanya tidak boleh lepas dari prinsip kehati-hatian. Penting bagi investor untuk menimbang-nimbang kembali penggunaan DeFi ini.

5. Keamanan Terjamin oleh Auditor Ternama

Meski begitu, DeFi telah melalui sejumlah uji keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya. Pemilihan platform aset digital kripto yang aman dan sudah melewati sesi maupun tahapan audit, sangatlah penting untuk diperhatikan.

Dari segi keamanan, DeFi telah terjamin dan dinilai baik oleh beberapa auditor ternama dunia, seperti Certik, Haechi, dan Hacken. Mereka biasanya memang menjalankan tugas auditor untuk sejumlah platform aset digital kripto.

6. Disebut-Sebut Sebagai Kontrak Pintar

Sesuatu yang disebut sebagai kontrak pintar merupakan program yang berjalan pada naungan blockchain dan dapat dijalankan secara otomatis untuk memenuhi suatu kondisi. Kontrak pintar memungkinkan fungsionalitas yang jauh lebih canggih, daripada hanya sekedar menerima atau memberikan cryptocunterry.

Banyak orang menyebutnya sebagai DApp yang dibangun menggunakan teknologi terdesentralisasi. DeFi menjadi pengembangan dari kontrak pintar ini dan merupakan sistem moneter baru bagi kalangan industrialis.

7. Mengatasi Kegagalan Infrastruktur

Karena menggunakan jaringan terdesentralisasi, segala kegagalan yang mungkin dapat terjadi pada infrastruktur tentunya dapat teratasi. DApps yang merupakan elemen kunci dari DeFi akan memungkinkan sebuah lembaga keuangan untuk membuat siapapun dapat berinteraksi dalam sistem keuangan yang lebih modern.

DeFi menggunakan blockchain pusat yang berarti tidak bergantung pada sistem pusat. Ini akan bekerja tanpa membutuhkan infrastruktur yang tepat.

DeFi adalah blockchain publik yang tidak memerlukan izin orang lain untuk bergabung dan berinteraksi. Anda bisa menggunakannya secara bebas dengan aturan dan cara pemakaian baik yang perlu diperhatikan.

Download Coinomo di Play Store, dan download Coinomo di App Store untuk mendapatkan berbagai informasi seputar dunia crypto.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *