Bupati dan DPRD Soppeng Sepakati KUPA dan PPAS Perubahan APBD 2021

  • Whatsapp
Bupati dan DPRD Soppeng Sepakati KUPA dan PPAS Perubahan APBD 2021

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak dan Pimpinan DPRD mendatangani nota kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021.

Penandatanganan nota kesepakatan itu berlangsung dalam rapat paripurna DPRD Soppeng dipimpin Ketua DPRD H Syahruddin M Adam, Kamis 8 September.

Bacaan Lainnya

Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak dalam sambutannya mengatakan,
penandatanganan nota kesepakatan ini merupakan salah satu tahapan dalam persiapan penyusunan rancangan perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 23/ 2014 tentang pemerintahan daerah yang mengamanatkan bahwa kepala daerah menyusun Kebijakan Umum perubahan APBD dan PPAS perubahan APBD harus berdasarkan perubahan RKPD tahun 2021, dan diajukan kepada DPRD untuk dibahas dan disepakati bersama.

KUPA dan PPAS perubahan tahun 2021 ini, kata Andi Kaswadi, selanjutnya akan menjadi acuan dan pedoman penyusunan RKA perangkat daerah serta penyusunan rancangan perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, dalam rangka mengatur dan menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan yang menjadi kewenangan kuntuk melindungi, melayani, memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat.

” Saya optimis, apa yang telah dituangkan dalam dokumen ini (nota kesepakatan) telah sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat, walaupun sampai saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Kondisi ini, membuat struktur anggaran masih mendominasi untuk penanganan Covid -19,” ungkap Andi Kaswadi.

Dalam situasi seperti ini, lanjutnya, maka diperlukan kegiatan pemulihan ekonomi dan penguatan sektor pertanian UMKM agar dapat terakselerasi ditengah-tengah pandemi Covid -19.

Kepada tim anggaran pemerintah daerah, Bupati Andi Kaswadi minta agar segera mengkoordinasikan seluruh SKPD untuk menyusun dan menyesuaikan RKA-SKPD dan/atau kriteria DPPA-SKPD masing-masing berdasarkan program kegiatan pada pagu anggaran yang telah ditetapkan di dalam KUPA dan PPAS perubahan APBD Tahun Anggaran 2021. Selanjutnya mensosialisasikan kepada masyarakat sebelum diajukan ke DPRD.

” Mengingat sisa waktu yang terbatas, saya berharap untuk memanfaatkannya sebaik mungkin, sehingga kita dapat menetapkan perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 tepat waktu,” ujarnya.

Dan terkhusus kepada TPAD, Andi Kaswadi mengharapkan agar dalam pelaksanaan pembahasan rancangan perubahan APBD 2021 nantinya tetap mengikuti setiap tahapan pembahasan demi kelancaran proses APBD perubahan tahun anggaran 2021. (wis/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *