Wajo Diterpa Bencana, Amran Mahmud Kumpulkan OPD Terkait Lakukan Evakuasi

  • Whatsapp
Wajo Diterpa Bencana, Amran Mahmud Kumpulkan OPD Terkait Lakukan Evakuasi
Bupati Wajo H Amran Mahmud saat mengunjungi lokasi bencana di daerahnya

PAREPOS.CO.ID, WAJO – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Wajo dan merata di beberapa kabupaten tetangga, Jumat 27 Agustus malam, mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir dan tanah lonsor.

Mengetahui kondisi bencana itu, Bupati Wajo Amran Mahmud, dengan cepat segera memanggil para kepala perangkat daerah terkait ke rumah jabatan, Sabtu 28 Agustus, untuk pengarahan sebelum mengunjungi langsung beberapa titik terdampak.

Usai pengarahan, Amran Mahmud bersama Wakil Bupati Wajo, Amran, rombongan Pemerintah Daerah dan Forkopimda menuju lokasi bencana.

Titik pertama yang dikunjungi adalah tanah longsor di Kelurahan Pattirosompe, Kecamatan Tempe. Di sana, Amran Mahmud berinteraksi dan mendengarkan aspirasi dari masyarakat setempat.

Amran Mahmud kemudian melanjutkan meninjau saluran air primer di Jalan Sawerigading, Kelurahan Pattirosompe. Setelah itu menuju ke titik tanah longsor di Jalan Serikaya, Kelurahan Siengkang, Kecamatan Tempe.

Amran Mahmud juga mendapati tim dari Unit Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Pemadam Kebakaran, sedang melakukan pembersihan kayu yang tumbang.

Untuk pembersihan longsoran yang mengakibatkan akses Jalan Serikaya terputus tersebut, Amran Mahmud meminta alat berat Dinas Lingkungan Hidup untuk membersihkan. Sementara Satgas Kebersihan DLH dan Kecamatan Tempe diharapkan untuk membantu.

Amran Mahmud meminta kepada kepala perangkat daerah terkait untuk mengupayakan solusi terbaik dari kondisi yang dikunjunginya serta titik lain terdampak.

“Setelah kita melihat langsung kondisi di lokasi, saya minta kepada kita semua untuk mengupayakan solusi terbaik. Untuk saat ini, saya minta kepada unit-unit penanganan bencana di perangkat daerah untuk membantu evakuasi dan pembersihan di titik prioritas,” ucap Amran Mahmud kepada kepala perangkat daerah yang mendampingi.

“Untuk penanganan yang menjadi kewenangan pusat dan provinsi, silakan buatkan permohonan, nanti kita bantu untuk menyampaikan,” tambahnya.

Amran Mahmud juga menyampaikan, untuk wilayah Kecamatan Tempe, hujan semalam menyebabkan naiknya debit air Sungai Walennae-Cenranae yang menjadi buangan akhir drainase sehingga menyebabkan beberapa titik terjadi luapan air.

“Untuk Tempe, kita akan upayakan pembersihan dulu dan pembenahan drainase,” ucap Amran Mahmud.

Usai salat zuhur bersama rombongan di Tempe, Amran Mahmud bersama rombongan Forkopimda dan jajaran perangkat daerah melanjutkan peninjauan ke kecamatan lainnya. Di sela-sela kunjungan di lokasi terdampak, Amran Mahmud terlihat sesekali menyapa dan menyemangati masyarakat. (ima/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *