Proyek Anjungan Cempae Tunjang Kota Industri Tanpa Cerobong Asap

  • Whatsapp
Proyek Anjungan Cempae Tunjang Kota Industri Tanpa Cerobong Asap
Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare, Samsuddin Taha

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Penataan wilayah terus digenjot. Salah satunya proyek pembangunan Anjungan Cempae di Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare. Proyek dengan luas 180×75 meter persegi itu, merupakan kawasan prospektif untuk menunjang ‘Kota Industri Tanpa Cerobong Asap, salah satunya pilar kepariwisataan. Kehadirannyanya juga menjadi titik ekonomi baru bagi masyarakat sekitar.

Proyek ini, telah memiliki dokumen lingkungan berupa Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL). Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare, Samsuddin Taha, Jumat, 6 Agustus 2021, lalu. “Adami UKP-UPL,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Samsuddin menjelaskan, UKL-UPL tersebut dibawah sedikit greatnya dari Amdal. “Lebih di bawah dari proyek yang ada di Jalan Mattirotasi. Jadi Amdal lebih tinggi dari UKL-UPL, terus SPPL. Jadi bukan Amdal dipakai, karena luasannya hanya 180 x 75 meter persegi,” jelasnya. Samsuddin juga menyebutkan, progres pekerjaan proyek Anjungan Cempae dalam tahap penimbunan. “Sekarang sudah penimbunan, jadi kita sudah ada izin lokasinya, ada UKL- UPL, izin reklamasi.  Apalagi proyek Anjungan Cempae tidak terlalu menjulang keluar,” terangnya.

Lokasi proyek Anjungan Cempae berada diluar daerah lingkungan kerja pelabuhan (DLKr) ataupun daerah lingkungan kepentingan pelabuhan (DLKp). Hal tersebut ditegaskan Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Kasi Lala) KSOP Parepare, Asrul, kemarin. “Itu diluar wilayah DLKR/DLKP. Memang nanti kalau sudah agak masuk ke laut ada sedikit sekali yang menyentuh garis DLKR/DLKP. Akan tetapi, semuanya sudah dikaji oleh instansi terkait seperti Distrik Navigasi (Disnav) Makassar dan sudah dikoordinasikan dengan Direktorat Kepelabuhanan di Jakarta,” tandas Asrul. (ana-nan/B)

Data Proyek Anjungan Cempae

1. Pelaksanaan
– Dikerja oleh PT Apro Megatama
– Waktu pelaksanaan selama 150 hari
– Anggaran Rp19.220.000.000 miliar dari APBD 2021
– Luas 180×75 meter persegi
– Tahap penimbunan

2. Fasilitas
– Jogging
– Koridor
– Ruang santai,
– Lods Food Cort
– Panggung,
– Dermaga

Sumber: Diolah dari berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *