Pertamina Apresiasi Masyarakat Sulbar yang Sudah Beralih Menggunakan BBM Berkualitas

  • Whatsapp
Pertamina Apresiasi Masyarakat Sulbar yang Sudah Beralih Menggunakan BBM Berkualitas
Petugas SPBU melakukan pengisian BBM kepada masyarakat

PAREPOS.CO.ID,MATENG– Penggunaan BBM Berkualitas semakin menjadi trend di masyarakat Sulawesi, Sulbar salah satunya. Sejak tahun 2017-2020, Pertamina mencatat konsumsi BBM Berkualitas masyarakat Sulbar menunjukkan peningkatan seperti Pertalite yakni sebesar 98% dan Pertamax sebesar 506%.

Pertamina Apresiasi Masyarakat Sulbar yang Sudah Beralih Menggunakan BBM Berkualitas
Masyarakat pengguna BBM di Sulbar Pertashop

Penggunaan BBM yang lebih bijak memang sudah seharusnya dilakukan masyarakat. Kendaraan dengan teknologi terkini sudah menuntut BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi Kendaraan. Senior Supervisor Communication & Relation Pertamina Regional Sulawesi Taufiq Kurniawan menyatakan bahwa masyarakat di Jawa, Bali, Sumatera dan wilayah lain saat ini sudah mulai beralih. Bahkan konsumsi premium di Jawa dan Bali sudah dibawah 4%. “Di Sulawesi sendiri, Sulawesi Barat menduduki 10 besar provinsi dengan konsumsi BBM Berkualitas terbesar se-Indonesia,” ujar Taufiq.

Bacaan Lainnya

Presiden RI Joko Widodo menandatangani Perjanjian Paris tahun 2016 yang berisi tentang kesepakatan penyelamatan lingkungan seluruh negara di dunia. Salah satunya mengatur tentang emisi gas buang kendaraan yang di tegaskan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 20 Tahun 2017 yang mengatur minimal penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan (RON) 91.

Namun Pertamina mengikuti kebijakan tersebut secara bertahap memperhatikan daya beli masyarakat. Sehingga dilakukan perbesaran porsi BBM berkualitas mulai dari Pertalite dengan RON 90.Di Sulawesi sendiri beber Taufiq, langkah yang dilakukan oleh Sulbar mulai diikuti beberapa kepala daerah seperti Sulut, Gorontalo, Kota Makassar dan Kota Palu. Karena pada dasarnya, memang masyarakat harus menggunakan BBM sesuai spesifikasi kendaraan. Untuk teknologi turbo dan injeksi bahan bakar yang dipersyaratkan minimal RON 92 yakni Pertamax yang dituliskan di manual book kendaraan. “Hanya tersisa 5 negara di dunia yang menggunakan BBM sekelas Premium seperti Indonesia, Bangladesh, Uzbekistan, Kolombia dan Mongolia. Di negara-negara tersebut Produk Domestik Bruto paling tinggi Indonesia, bahkan jauh. Saatnya masyarakat mendukung ketertinggalan ini dengan menggunakan BBM yang lebih bijak,” tambah Taufiq

Pertamina mengapresiasi dukungan dari Pemprov Sulbar yang merespon cepat kebutuhan masyarakat dengan mengeluarkan Surat Edaran yang menganjurkan masyarakat menggunakan BBM Berkualitas sesuai arahan Pemerintah Pusat. “Makin banyak Kepala Daerah yang mendukung program ini karena dirasa baik dampaknya terhadap mesin dan lingkungan” pungkas Taufiq.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *