Erna Rasyid Harap Keterampilan Batik Shibori Dorong Perekonomian Masyarakat

  • Whatsapp
Erna Rasyid Harap Keterampilan Batik Shibori Dorong Perekonomian Masyarakat

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Kelompok Kerja (Pokja) II, Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menggelar Pelatihan Keterampilan Batik Shobori di Balai Ainun Habibie, Minggu, 22 Agustus 2021.

Pemateri pada kegiatan tersebut, Zulfitriani dwiyanti Mustaka S.P M.Pd Ketua Imperata Makassar, sekaligus anggota TP PKK Provinsi Sulsel. Kedua Anggota Pokja II, Hj Ida Hamda yang telah mengikuti pelatihan di Makassar.

Bacaan Lainnya

Zulfitriani menjelaskan, shibori adalah kesenian dari Jepng untuk menbuat sebuah pola pada kain melalui proses pencelupan oada pewarna. Dilanjutkan, tekni penceluoan kain yang meliputu jahitan, ikatan, lilitan, dijeoit, dan dibungkus.

Pelatihan Sutra Shibori ini bertujuan mengasah kemreativitas membatik dengan mempertahankan kearifan lokal kain sandang tradisional Sulawesi Selatan. “Dasar kesenian shibori mirip seperti membatik, dimana beberapa bagian kain dilindungi agar tidak terkena pewarna,” jelasnya.

Ketua Pokja II Kota Parepare, Andi Nurhatina Tipu mengatakan, Pokja II yang membidangi pendidikan dan keterampilan, serta pengembangan koperasi, melaksanakan pelatihan Batik Shibori kepada kader PKK, bhayangkari dan masyarakat, agar memiliki keterampilan baru.

Ia berharap dengan keterampilan batik shibori, peserta dapat mengembangkan, dan dapat mencetak karya batik sendiri. “Kalau di luar daerah Parepare bisa kenapa kita tidak bisa. Kalau nanti ada berhasil ini, bisa mencetak batik sendiri untuk konsumsinya sendiri. Apabila sudah ada yang bisa mencetak batik shibori sendiri, tim penggerak PKK Kota membrikan stimulan, untuk pengemabangan batik shibori,” jelasnya.

Secara virtual, Ketua TP PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan mengapresiasi program yang dilaksanakan Pokja II Kota Pareparez karena dapat mendorong lapangan kerja baru, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi Covi.19. “Saya meminta agar, diagendakan untuk diadakan lomba batik shibori. Dengan motiv menggunakan motiv ciri khas kota Parepare. Seperti terdapat gambar Habibie Ainun, dan kerang-kerangan,” harap Erna Rasyid Taufan. (ana/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *