Dorong Penggunaan Obat Tradisional, Puskesmas Lapadde Gagas Inovasi Semut Merah

  • Whatsapp
Dorong Penggunaan Obat Tradisional, Puskesmas Lapadde Gagas Inovasi Semut Merah

PAREPOS.CO ID, PAREPARE — Puskesmas Lapadde menggagas inovasi baru yakni sehat murah dengan meramu rempah alias Semut Merah. Penggiat Inovasi Semut Merah, Armayani, menerangkan, hal itu terpikirkan karena di zaman modern saat ini, masyarakat banyak terpengaruh dengan iklan di di media tv atau di media sosial.

Tidak hanya itu, katanya juga mengurangi untuk penggunaan obat-obatan berbahan kimia. “Hal ini untuk mengembalikan mindset masyarakat, untuj menggunakan bahan alam, yang sudah terbukti khasiatnya dan digunakan secara turun temurun.  Dimana herbal, murah, mudah dibuat dan kurang efek sampingnya,” jelas Arma yang juga asisten apoteker di Puskesmas Lapadde.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, inovasi Semut merah telah disosialisasikan ke masyarakat pada tiga kelurahan. Pada 28 Agustus 2021, mensosialisasikan di perkantoran. Salah satunya di pegadaian, Jalan Singa.

Ia memperlihatkan, hasil inovasi tersebuy berupa produk yang dibuat  oleh masyarakat, berupa jahe instan, kunyit instan, temulawak instan, dan minuman es tebu. “Sekarang kita sosialisasikan diperkantoran. Kantor pertama ini di pegadaian. Kita mengedukasi agar membudayakan minum jamu, dan mengurangi penggunaan obat kimia. Hal itu supaya agar tetap bugar dan sehat, fit dalam bekerja,” terangnya.

Ia berharap, penggadaian dapat mendukung pengembangan inovasi Semut Merah, karena menurutnya penggadaian selalu memiliki gebrakan baru untuk membantu pemerintah. Hal tersebut katanya, dapat mendukung masyarakat yang ingin mengembangkan usaha produk tradisional. (ana/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *