BPJS Kesehatan Parepare Perkuat Sinergi PIPP FKTP

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Parepare Perkuat Sinergi PIPP FKTP

BPJS Kesehatan Parepare Perkuat Sinergi PIPP FKTP

Dalam rangka meningkatkan kepuasan peserta terhadap layanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan Cabang Parepare melaksanakan sosialisasi terkait implementasi dan simulasi penggunaan aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP), yang dilaksanakan secara daring kepada Puskesmas dan klinik yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Jumat, 20 Agustus 2021.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Hariyati menjelaskan bahwa tujuan dari implementasi Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan atau biasa disingkat PIPP di FKTP adalah dalam rangka meningkatkan kepuasan peserta dan meningkatkan sinergi dengan FKTP.

“Dengan adanya implementasi PIPP di FKTP, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan peserta melalui efektivitas proses pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan sinergi dengan FKTP, dalam upaya peningkatan layanan kepada peserta, sehingga secara bersama-sama dapat melakukan upaya perbaikan yang diperlukan dan pengendalian atas perbaikan yang telah dilakukan,” ungkapnya.

Dengan adanya implementasi PIPP di FKTP, diharapkan agar peserta dapat dengan mudah memperoleh informasi, pengaduannya dapat dengan mudah disampaikan sehingga segera ditindaklanjuti dan yang terpenting, peserta dapat puas dengan layanan yang diberikan.

Dalam sosialisasi tersebut, BPJS Kesehatan juga memberikan simulasi penggunaan aplikasi SIPP. Dalam penjelasannya terkait aplikasi tersebut, Hariyati memaparkan beberapa kegunaan dari menu yang ada pada aplikasi SIPP.

“Selain pemaparan materi terkait implementasi PIPP di FKTP, kami juga memberikan simulasi terkait penggunaan aplikasi SIPP, sehingga diharapkan FKTP dapat memaksimalkan dalam hal melakukan penginputan keluhan dan pendaftaran bayi baru lahir,” sambungnya.

Perwakilan Puskesmas Labukkang, Surianti mengungkapkan harapannya agar kedepan dengan adanya implementasi PIPP di FKTP, pengaduan dapat tertangani secara berjenjang sesuai SLA sehingga dapat berdampak terhadap citra positif layanan FKTP.

“Implementasi PIPP di FKTP menurut saya sangat bagus, pengaduan dapat tertangani secara berjenjang sesuai SLA, sehingga harapannya, dapat berdampak terhadap citra positif layanan di FKTP. Juga dengan adanya aplikasi SIPP, dapat memudahkan kami dalam melakukan penginputan bayi baru lahir,” ujar Surianti.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *