Waspada dan Cermat Bertransaksi Daring

  • Whatsapp
Waspada dan Cermat Bertransaksi Daring

PAREPOS.CO.ID,WAJO– Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 27 Juli 2021 di Wajo, Sulawesi Selatan. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Lindungi Diri, Pahami Fitur Keamanan Digital”. Kegiatan kali ini diikuti oleh 1.209 peserta dari berbagai kalangan masyarakat.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari Koordinator Program Mafindo Dedy Helsyanto, pembawa acara TV Ayi Dara, Direktur Prisma Komunika Canny Watae, dan penggiat Komunitas Ngoding Bareng Grisiana Rintani Mokodompit. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Noni Arnee selaku jurnalis. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Bacaan Lainnya

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Pemateri pertama adalah Dedy yang membawakan materi kecakapan digital dengan tema “Tips dan Trik Bertransaksi Digital dengan Mudah dan Aman”. Menurut dia, saat bertransaksi daring, kita perlu memperhatikan transparansi, respon, detail produk, testimoni, durasi pengiriman barang, dan rating toko atau penjual daring di lokapasar tersebut. “Cermati juga garansi barang, detail biaya, detail kontak, syarat dan ketentuan, rekening, serta sistem pembayaran,” pesannya.

Berikutnya, Ayi menyampaikan materi etika digital berjudul “Memahami Aturan Bertransaksi di Dunia Digital”. Ia mengatakan, sebelum melakukan transaksi daring, periksa kredibilitas akun penjual/pembeli, pakai lokapasar resmi, baca tata cara pembelian dan retur barang, serta pahami aturan detail promosi barang. Sebagai pemateri ketiga, Canny membawakan tema budaya digital tentang “Cara dan Legalitas Bayar Tagihan Daring”. Ia mengungkapkan, saat ini, transaksi daring bisa dilakukan lewat transfer teller bank, ATM, lewat dompet digital, serta uang elektronik. “Setelah membuka akun/rekening, kita tinggal memasukkan kode bayar dan otorisasi pembayaran untuk bertransaksi. Setelah itu, kita akan menerima laporan transaksi tersebut,” terangnya.

Adapun Grysiana, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema keamanan digitalmengenai “Jenis-jenis Penipuan di Internet dan Cara Menghindarinya”. Ia mengatakan, untuk menghindari penipuan, pengelabuan, dan peretasan, kita harus memperkuat dan menjaga kerahasian kata sandi, informasi pribadi, keuangan, serta informasi sensitif lain. “Selalu waspada serta perbarui antivirus secara berkala,” tegasnya. Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan dilanjutkan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Salah satu pertanyaan menarik yang dikemukakan peserta adalah tentang langkah-langkah seperti apa yang perlu diperhatikan agar aman bertransaksi daring. Narasumber menyarankan untuk memilih lokapasar/akun penjual daring terpercaya, memiliki rating bagus, dan tidak mencurigakan dalam metode pembayaran serta pengiriman barangnya.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan  materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *