Vaksinasi Covid-19, Lurah Kampung Pisang: Sekarang Warga Berlomba untuk Divaksin

  • Whatsapp
Vaksinasi Covid-19, Lurah Kampung Pisang: Sekarang Warga Berlomba untuk Divaksin

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE-Program vaksinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia adalah salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Agar program vaksinasi dapat berjalan dengan baik di masyarakat, perlu adanya sosialisasi vaksinasi. Pemerintah Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Ujung gencar melaksanakan sosialisasi kepada warganya. Dan mendapat respon positif, dimana warganya dominan memilih untuk divaksin. “Alhamdulillah sosialisasi terkait program vaksinasi lancar. Kami melakukannya dengan dua metode, pertama mengumpulkan warga di satu titik, kedua dengan cara pesan berantai, melibatkan para ketua RW dan RT untuk  menyampaikan langsung ke warganya,”ujar Lurah Kampung Pisang, Darlan N SE, Senin 26 Juli, kemarin.

Darlan mengakui, walau sosialisasi yang dilaksanakan berjalan lancar tak dipungkirinya ada beberapa warganya menolak untuk divaksin di awal program vaksinasi. “Awalnya ada penolakan dari warga, tapi setelah diadakan sosialisasi justru sekarang mereka berlomba-lomba mencari dimana ada vaksin. Kalau kemarin sangat sulit diajak,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Namun dalam proses pelaksanaan vaksinasi ada beberapa kendala yang dihadapi, mulai dari faktor kesiapan vaksin, seperti jadwal yang tidak jelas hingga pengumpulan warga. “Kendalanya soal jadwal yang tidak jelas dari puskesmas. Sementara kita sudah persiapkan beberapa calon warga yang akan ikut vaksinasi, baik itu usia 18 tahun ke atas hingga lansia. Kendala lain yakni mengumpulkan warga, kita harus koordinir warga sebelum melakukan vaksinasi apalagi pelaksanaannya dilakukan di satu titik. Kadang dilaksanakan di rumah warga dan di Puskesmas Lakessi,”jelasnya.

Selain itu, ada beberapa unsur yang ikut terlibat dalam Tim Covid Kelurahan Kampung Pisang diantaranya, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), petugas dari Puskesmas Lakessi, serta RT dan RW setempat.(mg2/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *