UNHAS Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Vokasi di Soppeng

  • Whatsapp
UNHAS Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Vokasi di Soppeng

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerjasama Pemkab Soppeng menggelar sosialisasi penerimaan Mahasiswa Baru program Vokasi Tahun Akademik 2021/2022, di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Sabtu, 3 Juli 2021.

Kepala Sub Direktorat Pengembagan Pendidikan Unhas, Makkarennu S.Hut, MSi, Ph.D mengungkapkan, sesuai kesepakatan (MoU)  yang telah dibuat bahwa Unhas bekerjasama dengan Pemkab dalam upaya pemerataan pendidikan dengan membuka program vokasi di beberapa kabupaten, termasuk di Kabupaten Soppeng.

Dia katakan, sebagaimana yang disampaikan saat pertemuan dengan Rektor Unhas beberapa waktu lalu, bahwa kampus Unhas ini merupakan kampus pertama di Soppeng, dan merupakan kampus keempat setelah Tamalanrea, Gowa dan Sidrap.

” Perlu kami sampaikan bahwa program studi di Kabupaten Soppeng ini adalah agribisnis peternakan dan agribisnis pertanian. Pendaftaran sudah dimulai pada tanggal 8-23 Juli 2021,” kata Makkarennu.

Sementara Wakil Dekan Fakultas  Peternakan Unhas, Dr Muhammad Yusuf SPT, MSi mengatakan, untuk pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Soppeng kami di pihak Unhas itu sudah memberending dari awal bahwa Soppeng ini akan menjadi kota pendidikan ,

” Kita pahami bersama bahwa Soppeng ini adalah daerah yang strategis dikelilingi oleh banyak kabupaten. Sehingga untuk menjadi kota pendidikan itu bisa lebih tepat kalau menurut pengamatan kami,” ungkap Muhammad Yusuf.

Oleh karena itu, lanjutnya, tahun ini kita menginisiasi dari tahun-tahun sebelumnya, kita sudah berusaha. Tahun ini kita mau inisiasi dua program studi, dan khusus kampus Unhas di Soppeng ini mungkin kita mengikuti model dari California University di USA.

Muhammad Yusuf menjelaskan, untuk penerimaan mahasiswa baru di Soppeng ini pertama kalinya lain daripada yang lain. Kalau yang program studi lain melalui SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri. Sedang khusus untuk Soppeng tahun ini tidak ada penerimaan secara UT BK, kita akan seleksi langsung.

“Oleh karena itu, dengan bantuan ibu bapak sekalian (peserta sosialisasi) kami harapkan untuk menghimpun calon calon mahasiswa khusus untuk di Soppeng,” tambahnya.

Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak mengatakan, hari ini kita kembali dipertemukan dalam sosialisasi tentang penerimaan mahasiswa baru. Namun demikian, proses sampai hari ini adalah suatu proses yang singkat dan membanggakan yang sangat luar biasa. Dan tentu kami bersyukur dengan tim yang ada bisa meyakinkan pihak Rektor Unhas agar  Soppeng diberi kesempatan untuk membuka ruang kepada masyarakat Soppeng dan sekitarnya, serta memudahkan masyarakat yang ada di sekitar Soppeng ini untuk melakukan proses belajar di Soppeng.

” Yang sangat membanggakan dan sekaligus rasa syukur kami, pihak Unhas sangat mengapresiasi, merespon baik keinginan pemerintah daerah untuk membuka Vokasi di Soppeng dengan dua jurusan, yaitu agribisnis pertanian dan peternakan,” ungkap Andi Kaswadi.

Untuk itu, kata Andi Kaswadi, latujuan kami mengundang terutama para kepala sekolah pada kegiatan sosialisasi ini. Sebab tanggung jawab ini bukan hanya kami, tapi tanggung jawab ini ada juga di pundak bapak dan ibu. Artinya jangan biarkan kami hanya sendiri yang berpikir tentang kelanjutan pendidikan di kabupaten Soppeng ini.

” Saya minta setelah kegiatan ini, agar kita sosialisasikan dengan baik kepada orang tua siswa, siswa kita, baik yang baru lulus  ataupun tahun kemarin tapi belum lanjut. Untuk dua jurusan ini karena Soppeng ini basisnya pertanian,” ujarnya.

Selain itu, Andi Kaswadi mengaja untuk komunikasikan dengan baik karena yang diterima tahun ini terbatas. Penerimaan mahasiswa baru tahun ini adalah pelaku sejarah, makanya jadilah pelaku sejarah yang tercatat dengan baik.” Saya sangat optimis cita-cita kita bersama bahwa Soppeng ini akan jadi kabupaten pendidikan,” pungkasnya. (wis/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *