SMART SPPD Permudah Pelayanan Administrasi Secara Elektronik

  • Whatsapp
SMART SPPD Permudah Pelayanan Administrasi Secara Elektronik

PAREPOS.CO.ID.BARRU — Sistem
Manajemen Administrasi Cermat Surat Perintah Perjalanan Dinas (SMART SPPD) adalah merupakan akronim dari Sistem Manajemen Administrasi Cermat SPPD yang bertujuan untuk memudahkan dalam hal pengelolaan
administrasi secara elektronik khususnya terkait perjalanan dinas. Selain itu, inovasi ini
diharapkan dapat mempermudah pimpinan beserta staf dalam mendapatkan informasi dan layanan administrasi perjalanan dinas dalam satu genggaman.

Kabag Umum Pemkab Barru, Andi Rusman Rustam setelah melaksanakan sosialisasi dihadapan para pegawainya di ruang rapat Wakil Bupati Barru, Jumat 16 Juli mengatakan, SMART SPPD menjadi salah satu inovasi administrasi di Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Barru yang kian hari dituntut untuk semakin cepat, akuntabel dan transparan. ” Olehnya itu, paradigma pelayanan yang masih konvensional atau manual diharapkan sedikit demi sedikit bergeser kearah digitalisasi sesuai tuntutan zaman,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan proses digitalisasi pelayanan khususnya pelayanan perjalanan dinas kedepannya juga akan memudahkan tugas stakeholder eksternal seperti Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dalam rangka audit atau pemeriksaan terhadap satu instansi, hal ini disebabkan oleh kemampuan SMART SPPD dalam menyiapkan database perjalanan dinas seluruh perangkat organisasi dalam satu laporan.

Kedepan, kata dia, pelayanan administrasi perjalanan dinas tidak membutuhkan lagi banyak kertas (less paper). Dengan hadirnya inovasi ini lanjut dia proses administrasi dan verifikasi data akan dituangkan dalam satu sistem yang disebut SMART SPPD yang akan dimulai oleh reformer dari lingkup terkecil yakni Bagian Umum, sampai pada akhirnya dapat diintegrasikan dengan unit organisasi atau organisasi perangkat daerah lainnya.

Dijelaskan bahwa, tujuan umum yang ingin dicapai dalam proyek perubahan ini adalah terbentuk suatu sistem pelayanan administrasi perjalanan dinas untuk pimpinan dan staf organisasi perangkat daerah pemerintah Kabupeten Barru secara berkesinambungan dan terintegrasi. Adapun tujuan dari Proyek Perubahan ini dengan konsep SMART SPPD antara lain: Tujuan jangka pendek yang akan dicapai adalah, terwujudnya sistem pengajuan perjalanan dinas melalui “SMART SPPD” yang valid cepat, dan terukur bagi seluruh staf lingkup Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Barru.

Tujuan jangka menengah yang akan dicapai adalah terwujudnya “SMART SPPD” di seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Barru dan Tujuan jangka panjang yang akan dicapai adalah terwujudnya tata kelola sistem perjalanan dinas yang baik pada seluruh Organisasi Perangkat daerah Kabupaten Barru. Adapun manfaat dari pelaksanaan proyek perubahan ini dengan sistem “ SMART SPPD” antara lain sebagai berikut. Kemudahan akses dan perbaikan penyajian data yang cepat dan transparan bagi stakeholder eksternal.
Tercapainya salah satu misi Pemerintah Kabupaten Barru yaitu mewujudkan tata
Kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Sebagai bahan evaluasi dan kontrol terhadap pencatatan administrasi keuangan.

Tersedianya database administrasi perjalanan dinas di Sekretariat Daerah Kabupaten dan Terciptanya profesionalisme dan kompetensi reformer sebagai pelopor perubahan dalam organisasi. “Kami berharap agar inovasi ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,”ujarnya.(mad/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *