Program BSPS Sasar 130 RTLH di Kota Parepare

  • Whatsapp
Program BSPS Sasar 130 RTLH di Kota Parepare
Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe SH MH saat memberikan pengarahan dalam program BSPS

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Pemerintah Kota Parepare menggelontorkan anggaran Rp 2,8 miliar lebih yang bersumber dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Perumahan melalui bantuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal dengan Bedah Rumah. Sebanyak 130 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahun 2021 tersentuh melalui program BSPS di Kota Parepare. Pelaksanaan program BSPS ditandai dengan penyerahan secara simbol buku tabungan kepada penerima program yang diserahkan langsung Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe SH MH, Rabu, 14 Juli 2021, di Lapangan Tennis Indoor, Rujab Walikota Parepare. Kegiatan yang dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan, Wali Kota menyerahkan secara simbolis kepada 50 warga.

Taufan Pawe dalam sambutannya berharap, bantuan bedah rumah tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat sebagai wujud kepedulian pemerintah, bukan hanya dalam hal sandang dan pangan, namun juga kebutuhan papan mereka. “Buku Tabungan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya yang dikucurkan oleh Kementerian ini untuk 1 Kepala Keluarga mendapatkan Rp 20 juta rupiah dengan tujuan dapat menekan angka kemiskinan di Kota Parepare, agar masyarakat kita tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh, Ketua DPD I Golkar Sulsel ini, menyikapi dengan kondisi pandemi, maka dari 130 penerima bantuan hanya 50 orang keterwakilan yang bisa diundang untuk hadir pada kegiatan tersebut. “Ini adalah bukti nyata bahwa negara hadir dalam situasi dan kondisi apapun. Namun, di luar yang hadir pada kesempatan ini, saya meminta pada dinas terkait untuk melakukan pelayanan secara prima. Penerima bantuan ini juga secara nyata tata kelolanya ada pada Bank Sulselbar,” pesan Taufan. Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Parepare dua periode itu berpesan kepada masyarakat penerima agar program BSPS ini dapat dikelola dengan baik.

Terpisah, Kepala Bidang Perumahan Dinas PUPR Kota Parepare, Akibar secara rinci menguraikan, Pemkot Parepare menerima kucuran anggaran sekira Rp 2,8 miliar lebih dari Kementerian PUPR untuk membedah 130 unit RTLH Tahun 2021. “Kota Parepare untuk Tahun 2021 mendapatkan total anggaran Rp2.8 miliar lebih, 130 RTLH itu berada di empat kelurahan,”jelasnya. Sebanyak 130 RTLH itu berada di Kelurahan Lompoe sebanyak 30 unit, Kelurahan Bumi Harapan 49 unit, Kelurahan Bukit Indah sebanyak 31 unit, dan Bumi Harapan sebanyak 49 unit.

Pembukaan rekening bagi 130 penerima bantuan telah dilakukan, dengan bekerja sama dengan Bank Sulselbar dengan sistem jemput langsung di Kelurahan masing-masing dengan menggunakan Mobil Kas Keliling Bank Sulselbar. “Anggaran atau dana bantuan DAK dari Kementerian ini langsung disalurkan ke rekening mereka masing-masing tapi mereka tidak memegang secara tunai uang tersebut, akan tetapi mereka langsung drop ke penyedia atau Toko bahan bangunan yang sudah mereka tentukan. Masing-masing kelurahan juga sudah membentuk kelompok untuk memperbaiki/membangun rumah secara gotong royong,”tutupnya. Gencarnya program BSPS dengan skema Padat Karya juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang terdampak Pandemi COVID-19 sekaligus meningkatkan kualitas rumah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *