Pemilihan ‘Ana’ Dara Malebbi na Kallolo Magaretta’ Diikuti 27 Peserta

  • Whatsapp
Pemilihan 'Ana' Dara Malebbi na Kallolo Magaretta' Diikuti 27 Peserta

PAREPARE, PARE POS — Sebanyak 27 peserta Pemilihan Ana’ Dara Malebbi Kallolo na Magaretta Tingkat Ajatappareng Tahun 2021, Jumat 2 Juli, melaksanakan gladi untuk persiapan pemilihan besok, di Hilal Point. Event tahunan kali ini diikuti 27 orang peserta, terdiri dari 11 peserta untuk kategori cilik usia 6-12 tahun, dan 16 peserta kategori remaja usia 13 tahun ke atas. Para peserta merupakan perwakilan dari wilayah Ajatappareng, dengan¬† menampilkan busana budaya daerah.

Devisi Event dan Promosi Harian PAREPOS, sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, Andi Mulyadi mengatakan, tujuan diadakannya event ini tidak lain untuk memperkenalkan budaya Sulawesi Selatan, khususnya diwilayah Ajatappareng seperti baju bodo, jas tutup, songkok bone dan sebagainya. “Karena selama ini nilai-nilai budaya itu perlahan sirna, makanya kita mencoba mengangkat kembali nilai itu melalui kegiatan ini,” ujarnya.

Hasil dari pemilihan ini, kata Andi Mulyadi, nantinya mengikuti pemilihan di tingkat Provinsi. “Kita akan mencari 12 pemenang, baik dari juara 1 sampai juara kategori, dan diikutkan ke tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 10 Juli mendatang di Hotel Horizon, Makassar,” ujarnya.

Selain itu, kata Andi Mulyadi, pada pelaksanaan besok pemilihan Ana’ Dara Malebbi na Kallolo Magaretta akan dimulai, dan langsung diumumkan hasilnya. “Hari ini baru gladinya. Besok lombanya dinulai. Sekaligus, dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Asosiasi Seni Mode Indonesia (Asemi),”jelas Plt Ketua PWI Pare Barru tersebut.

Salah satu peserta lomba untuk kategori cilik, Silsa Mardiah asal Kabupaten Pinrang mengatakan, minatnya dalam mengikuti pemilihan ini, karena berkaitan dengan nilai budaya. “Makanya saya tertarik. Semoga bisa membanggakan orang tua dan juga budaya di ajatappareng,” kata Silsa, anak pasangan daei Pasral dan Rahmawati.

Peserta lainnya, yang masuk kategori remaja, Mush’ad Fadel mengaku termotivasi mengikuti ajang ini, karena tertarik dengan suatu ajang yang menampilkan budaya-budaya, khususnya Sulsel. “Saya mendapat info kegiatan dari media online, instagram, dan koran Pare Pos. Juga dari Guru saya di SMK Negeri 1 Pinrang,” katanya.

Sementara, guru pendamping Mister Jamaluddin (MJ) mengatakan, tujuannya mengusul perwakilan, agar peserta bisa tahu tentang budaya yang ada di Ajatappareng. Sekaligus nantinya bisa memperkenalkan budaya yang dimiliki di luar Sulawesi. “Saya bangga dengan adanya event seperti ini. Terima kasih Pare Pos, juga panitia pelaksana. Saya harap semoga tiap tahun diadakan event seperti ini, agar anak jaman sekarang tahu dan mengenal budaya kita,” harapnya. (dar/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *