Jelang Hari Raya Idul Adha, Pelabuhan Nusantara Dipadati Penumpang

  • Whatsapp
Jelang Hari Raya Idul Adha, Pelabuhan Nusantara Dipadati Penumpang
Aktivitas di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Jelang Hari Raya Idul Adha, aktivitas di Pelabuhan Nusantara Parepare kembali terlihat padat. Baik kedatangan maupun keberangkatan menuju Provinsi Kalimantan. Kepala Cabang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Herman Hamid membenarkan kepadatan tersebut, Senin 12 Juli, 2021. Keberangkatan Kapal Motor (KM) Bukit Siguntang, penumpang masih dalam tahap stabil seperti hari biasa, mulai ada peningkatan menjelang lebaran. “Kemarin yang naik sekitar 600 penumpang. Kami juga mengatur agar tidak terjadi kerumunan di atas kapal saat penumpang menaiki kapal. Jadi jalur penumpang naik dan turun berbeda. Syarat masih sama sesuai Surat Edaran (SE) salah satunya dibuktikan Surat Antigen 1×24 jam,”jelasnya.

Sementara, kata Herman, jumlah penumpang baik KM Lambelu maupun Bukit Siguntang dapat dipastikan sesuai aturan yang menyebut bahwa jumlah kapasitas kapal yang diperbolehkan hanya 70 persen dari kapasitas seharusnya. “Memang tadi sedikit ada kepadatan, sebab penumpang yang tiba sebagian besar berasal dari luar Kota Parepare dan turun di Pelabuhan Nusantara. Namun kita tetap sesuai aturan yang mengatakan, maksimal jumlah penumpang 70 persen dari kapasitas kapal. Dan itu tidak sampai 70 persen,” tegasnya.

Bacaan Lainnya

Dia pun mengimbau kepada para calon penumpang kapal agar tidak tergesa-gesa dan teratur saat turun maupun naik ke atas kapal.
“Kalau sudah tiba di Pelabuhan, terkadang mereka tidak mau menunggu, dan tergesa-gesa padahal kita sudah mengimbau para penumpang agar teratur turunnya, namun memang kadang mereka (penumpang) susah diatur,” ujarnya. Salah seorang penumpang, Andika mengaku akan ke Kalimantan untuk bekerja. “Ini sudah mau berangkat. Mau ke Kalimantan,” katanya.

Terpisah, Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut (Kasi Lala) Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare, Asrul menyebutkan jumlah penumpang yang tiba maupun berangkat dari pagi hingga siang, Senin 12 Juli, mencapai ribuan orang dari berbagai kapal yang berbeda. “KM Lambelu tiba dari Balikpapan memuat sebanyak 435 jiwa, KM Queen Soya tiba dari Nunukan 765 jiwa, KM prince Soya 1.023 dari nunukan. Sedangkan KM Bukit Siguntang berangkat ke Balikpapan dan membawa 638 penumpang,” tutupnya.(nan/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *