Jadikan Posikandu Sebagai ‘One Stop Service’ Perikanan di Pangkep

  • Whatsapp
Jadikan Posikandu Sebagai 'One Stop Service' Perikanan di Pangkep
Bupati Pangkep, HM Yusran Lalogau saat memantau lokasi penetasan buatan (Hatchery) di Pulau Sabutung, Desa Mattiro Kanja, Kecamatan Liukang Tupabiring

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Bupati Pangkep, HM Yusran Lalogau meninjau Pos Kesehatan Ikan Terpadu (Posikandu), Gudang Rumput laut di Kampung Nelayan Katojoa,Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labakkang, serta lokasi penetasan buatan (Hatchery) di Pulau Sabutung, Desa Mattiro Kanja, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kamis, 15 Juli 2021. Dalam kunjungannya, Ketua NasDem Pangkep itu didampingi Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Pangkep Andi Farida.

Usai mematau kedua lokasi tersebut, HM Yusran Lalogau meminta agar unit pelayanan yang saat ini dikelola oleh DKP harus diopresikan secara optimal agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya pembudidaya ikan, udang dan rumput laut. Selain itu, kehadiran Posikandu agar selalu membantu masyarakat pesisir, seperti dalam penyediaan bibit udang, ikan yang berkualitas dan juga memberikan pelayanan mengenai kesehatan ikan dan lingkungan yang merupakan bagian dari tugas fungsinya.

Bacaan Lainnya

Peran Posikandu diharapkan dapat menjadi “one stop service” dalam rangka antisipasi dan pengendalian masalah kesehatan ikan dan lingkungan yang dilandasi oleh pelayanan yang dilandasi oleh pelayanan yang tepat waktu, tepat sasaran dan mudah dijangkau karena terletak dikawasan sentra budidaya.

Dengan demikian kegagalan produksi terkait dengan masalah kesehatan ikan dan lingkungan dapat diantisipasi secara lebih dini dengan segera menerapkan langkah-langkah penanggulangannya.” Jadi kehadiran Posikandu dimaksudkan untuk memberikan early warning dan respon cepat secara sederhana, sehingga penanggulangan kemungkinan terjadinya wabah penyakit maupun kerusakan lingkungan dapat segera ditangani secara dini,”tutup bupati berlatar belakang alumni perikanan tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *