Bupati Soppeng Resmikan Pamsimas III KKM Puncak Baramming Congko

  • Whatsapp
Bupati Soppeng Resmikan Pamsimas III KKM Puncak Baramming Congko

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak meresmikan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III TA 2021 Kelompok Kesewadayaan Masyarakat (KKM) Puncak Baramming, Desa Congko, Kecamatan Marioriwawo, di aula Kantor Desa Congko, Selasa 12 Juli.

Peresmian Pamsimas III tersebut ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak.

Bacaan Lainnya

Kegiatan itu diawali penyerahan program PAMSIMAS dari Ketua KKM Puncak Baramming, Kastahar kepada Bupati Soppeng. Selanjutnya Bupati Andi Kaswadi menyerahkan kepada pengurus kelompok pengelola sarana prasarana air minum sanitasi (KP-SPAMS).

Ketua KKM Puncak Baramming, Kastahar mengatakan, program Pamsimas III Desa Congko, Kecamatan Marioriwawo 2021, menelan anggaran sebesar Rp. 367.111.000 yang bersumber dari APBN, APBDdes, dana Non Sharing APBDdes, dana incash masyarakat, dana inkind gotong royong masyarakat.

Djelaskan, kegiatan fisik yang terealisasi terdiri penangkapan mata air 1 unit, rumah pompa 1 unit, filter (penyaring air) 2 unit,
pengadaan pompa 1 paket, pemasangan listrik/ PLN 1 paket, reservior 1 unit, kran umum 1 unit dan sarana cuci tangan 1 unit, serta pengadaan dan pemasangan pipa sepanjang kurang lebih 2 KM.

” Sampai saat ini rumah yang telah di pasangi 10 sambungan rumah (SR) yang merupakan sumbangan dari kepala desa Congko,” kata Kastahar.

Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak mengungkapkan, program Pamsimas merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

” Program Pamsimas III dilakukan dalam mendukung dua agenda nasional, untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan,” ujarnya.

Program Pamsimas, lanjut Andi Kaswadi, melibatkan seluruh pemangku kepentingan dari semua unsur dan pihak pemerintah. Termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah desa, masyarakat dan non pemerintahan termasuk pihak swasta, BUMN dan BUMD.

Dengan terbangunnya sarana dan prasarana air bersih dan sarana sanitasi melalui program Pamsimas ini, kata Andi Kaswadi, diharapkan pemeliharaan dan pengelolaannya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah desa, masyarakat dan kelompok pengelola sarana prasarana air minum sanitasi (KP-SPAMS) sehingga tetap berfungsi dengan baik.

Hadiri pada peresmian Pamsimas III desa Congko, Ketua DPRD Soppeng H Syahruddin M Adam, Kadis PUPR Soppeng Andi Haeruddin, Koordinator Pamsimas III Sulsel H Hadlan, Camat Marioriwawo, Tripika, Kades Congko dan para undangan. (wis/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *